Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dukung Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Blibli Meluncurkan Program Blibli Travel & UMKM Fest

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Mendukung bangkitnya industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air, Blibli meluncurkan program Blibli Travel & UMKM Fest. Program ini komitmen Blibli melakukan inovasi dengan menghimpun pelaku wisata dan ekonomi kreatif lokal di ekosistem berbasis teknologi Blibli. Juga bentuk dukungan terhadap pemerintah yang tengah bergerak memulihkan pariwisata di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi. 

Menurut data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dampak COVID-19 terhadap sektor pariwisata membuat pemerintah perlu menyesuaikan proyeksi kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara di tahun ini. Pemerintah pun kian mendorong investasi sektor pariwisata dan memperkuat promosi pariwisata dengan memanfaatkan teknologi digital secara optimal. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, beberapa upaya terus dilakukan pemerintah untuk membangkitkan industri pariwisata serta ekonomi kreatif. “Kolaborasi antar pihak sangat dibutuhkan. Termasuk dari platform e-commerce seperti Blibli yang dapat mengakselerasi transformasi digital Indonesia,” tegas Sandiaga, Kamis (22/4).

CEO Blibli, Kusumo Martanto menjelaskan, sejak awal pandemi, Blibli mendukung pemerintah dan asosiasi pariwisata melalui transformasi digital bersama para pelaku wisata dan UMKM di ekosistem Blibli. “Melalui Blibli Travel & UMKM Fest ini pun kami berharap para pelaku di industri pariwisata dan ekonomi kreatif dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi demi  menjangkau pasar pelanggan yang lebih luas, yang juga sesuai dengan transformasi digital yang pemerintah inginkan terjadi di setiap industri untuk mengantisipasi Revolusi Industri 4.0, ” ujar Kusumo.

Di tengah pandemi, Blibli menyaksikan bahwa semakin banyak pemain industri tour and travel berpindah ke platform online. Membandingkan performa  kuartal 1 2021 dengan periode sama di 2020, jumlah seller meningkat sebesar 50%. Menunjukkan, pemain tour and travel banyak berekspansi ke kanal e-commerce untuk menjangkau pasar. Masuknya para seller baru ini mendongkrak jumlah produk wisata meningkat sebesar 4 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Produk wisata yang ditawarkan pun menjadi variatif, seperti virtual tour hingga Kupon Perjalanan. 

Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku di industri pariwisata yang menyadari pentingnya transformasi digital untuk bertahan di tengah pandemi. Blibli menghadirkan kategori Galeri Indonesia, yang tumbuh tujuh kali lipat dibanding tahun sebelumnya. 

Maka, Blibli menyelenggarakan program Blibli Travel & UMKM Fest yang berlangsung tanggal 16 hingga 30 April 2021. Sebanyak lebih dari 90.000 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif berpartisipasi dalam program ini. Termasuk asosiasi dan seller di bidang perjalanan wisata, perhotelan dan desa wisata untuk menghadirkan berbagai destinasi dan paket wisata menarik bagi pelanggan

Lay Ridwan Gautama, Executive Vice President (EVP) of Digital, Automotive & Travel Category, Blibli berharap, Blibli Travel & UMKM Fest d menjadi program online yang mampu menarik minat masyarakat untuk menikmati wisata di era new normal.  “Program ini juga menjadi wadah kolaborasi dengan berbagai pihak. Termasuk dengan asosiasi pariwisata. Seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia, Astindo dan Asosiasi Experiential Learning Indonesia, AELI, serta industri perhotelan yang tergabung dalam jaringan hotel mancanegara dan hotel seperti TAUZIA Hotels yang menyediakan opsi staycation dengan jaminan penerapan sertifikasi CHSE,” ucap Lay. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER