Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dari Kuliner, Ritel dan Jasa, Berikut Tren Bisnis Berbasis Data dari Gojek untuk Tingkatkan Bisnis UMKM selama Ramadan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Gojek hadirkan tren bisnis menarik selama Ramadan dan juga Akademi Mitra Usaha (KAMUS). Inisiatif ini menyasar pelaku usaha agar dapat menyusun strategi bisnis saat pandemi COVID-19.

Yakni mengenal pola bisnis selama Ramadan dan mendapatkan pelatihan langsung dari para ahli di bidangnya.

VP Merchant Marketing Gojek, Bayu Ramadhan menjelaskan, pihaknya turut memberikan dukungan selain teknologi yang memajukan bisnis UMKM. Akademi Mitra Usaha merupakan langkah pelaku usaha agar lebih cepat beradaptasi di platform digital.

“Wadah edukasi dari Gojek yang menaungi beragam komunitas ini menyasar pelaku usaha dari berbagai kalangan. Dari yang baru memulai bisnis hingga yang ingin naik kelas dan mengeluarkan inovasi baru,” jelasnya, Minggu (25/4).

Pelaku usaha dapat meningkatkan wawasan bisnis dengan mengakses insight bisnis Ramadan Gojek. Berisi temuan menarik berdasar data Gojek Ramadan tahun lalu yang dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha di Ramadan tahun ini. Beberapa di antaranya

  • Masyarakat sangat mengandalkan pemesanan makanan online, terjadi pertumbuhan permintaan pesan-antar kuliner sejak pekan kedua Ramadan sampai akhir bulan

Jumlah pemesanan makanan via layanan GoFood mengalami tren pertumbuhan positif selama Ramadan tahun lalu. Terutama sejak pekan kedua hingga akhir bulan.

Ini menunjukkan, masyarakat sangat mengandalkan layanan pesan antar online guna memenuhi kebutuhan mereka selama Ramadan. Guna mengoptimalkan kesempatan selama Ramadan, pelaku usaha juga dapat menggunakan strategi promosi yang efektif menarik pelanggan. Juga menyediakan opsi menu Traktir Driver, yang memberi kesempatan pelanggan untuk berbagi kasih dan efektif meningkatkan nilai transaksi.

  • Hijab menjadi barang ritel yang paling diincar selama Ramadan

Data Gojek menunjukkan peningkatan transaksi hijab di bulan Ramadan tahun lalu. Bila dibandingkan sebelum Ramadan, peningkatan penjualan hijab mengalami peningkatan hingga lebih dari 125%. Sejalan dengan tren ini, konsumen turut mengeluarkan dana lebih untuk belanja pada kategori pakaian dan aksesoris, serta barang penunjang aktifitas di rumah seperti alat kesenian melukis, buku, serta alat olahraga.

  • Penjualan produk dengan paket hampers berguna meningkatkan pendapatan pelaku usaha di bidang jasa

Selama pandemi, pemilik usaha jasa turut menjual produk-produk yang mereka gunakan langsung ke pelanggan,mmterlihat pada peningkatan tren pembelian produk kecantikan dari salon, serta obat dan multivitamin penunjang kesehatan. Di momen Ramadan, pelaku usaha dapat menggabungkan produk jasanya menjadi hampir dengan harga sesuai target pasar.

ntuk memberikan solusi non-teknologi, dalam kurun waktu satu tahun terakhir Gojek telah memfasilitasi pelatihan kepada lebih dari 20.000 peserta UMKM di berbagai kota di Indonesia.

Untuk memperluas materi pelatihan, rangkaian webinar ini turut berkolaborasi dengan SiberKreasi dan Kementerian Komunikasi dan Informatika L(Kominfo) serta SMESCO sebagai rekan yang berfokus pada kemajuan UMKM di Indonesia. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER