LinkAja Ekspansi ke Bisnis Fintech Lending


FinTechnesia.com | Setelah mendapatkan pendanaan series-B lebih dari US$ 100 juta, LinkAja kembali melakukan aksi korporasi di kuartal I 2021. Yakni mengakuisisi salah satu perusahaan financial technology (fintech) peer-to-peer (P2P) lending yang telah terdaftar di OJK bernama PT iGrow Resources Indonesia.

Haryati Lawidjaja, Direktur Utama LinkAja mengatakan, perluasan lini usaha le bidang pembiayaan merupakan langkah nyata LinkAjadalam memberikan kemudahan akses keuangan dan ekonomi. Terutama kepada masyarakat kelas menengah ke bawah serta UMKM.

Langkah ini diharapkan meningkatkan kesejahteraan mereka melalui kemandirian ekonomi. Selain itu, dukungan pemegang saham merupakan salah satu modal utama LinkAja memberi layanan pembiayaan yang aman, mudah, dan terpercaya.

“Didukung jaringan ekosistem LinkAja di berbagai daerah di luar pulau Jawa serta kota tier 2 dan 3, LinkAja berharap memberikan pemerataan akses pembiayaan terhadap pelaku UMKM yang selama ini masih terfokus di pulau Jawa dan kota tier 1,” kata Fey, sapaan Haryati, Kamis (29/4).

Lini usaha pembiayaan ini diharapkan memberikan dampak besar bagi ketahanan dan kemajuan bisnis UMKM terutama di tengah pandemi COVID-19.

LinkAja merupakan perusahaan yang memiliki fundamental bisnis kuat dengan kolaborasi pemegang saham antara BUMN dan perusahaan teknologi besar.  “Hal ini akan mempercepat visi dan misi iGrow untuk memberikan impact ke UMKM. Dan menjadikan iGrow sebagai salah satu pemain utama di bidang pembiayaan sektor produktif” jelas Jim Oklahoma, Direktur Pengembangan Bisnis PT iGrow Resource Indonesia (iGrow).

Hingga saat ini, LinkAja telah memberikan kemudahan bagi lebih dari 68 juta pengguna terdaftar melalui ekosistem digital paling lengkap. Saat ini, LinkAja memiliki lebih dari satu juta merchant lokal. Lebih dari 370.000 merchant nasional, 230 moda tram rtasi, lebih dari 680 pasar tradisional, lebih dari 44.000 mitra donasi digital, lebih dari enam ribu online marketplace. (eko)