Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Menggaet Izin OJK, Modal Rakyat Perkokoh Sinergi dengan Fazz Financial Group

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Perusahaan teknologi finansial peer to peer lending resmi yang memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertambah. Salah satu nya Modal Rakyat, berdasarkan surat keputusan KEP-27/D.05/2021 tanggal 21 April 2021. 

Total penyaluran Modal Rakyat mencapai lebih dari Rp 1,2 triliun kepada lebih dari 25.000 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di 34 provinsi. Hendoko Kwik, Direktur Utama Modal Rakyat menyampaikan, perizinan ini menjadi salah satu langkah strategis untuk semakin masif menjangkau semua daerah dalam menyalurkan pembiayaan kepada pelaku UMKM.  

“Termasuk dari sisi teknologi kami dapat terus mengupayakan pengembangan produk. Modal Rakyat berharap bisa merangkul semakin banyak mitra strategis, baik perusahaan keuangan, startup, maupun entitas lainnya,” ungkapnya, Senin (3/5).

Modal Rakyat juga telah memperoleh dana investasi dari Fazz Financial Group (FFG). FFG merupakan entitas hasil dari investasi strategis PAYFAZZ sebesar US$ 30 juta terhadap Xfers (Perusahaan financial technology berbasis di Singapura). FFG hadir sebagai bagian untuk mengawasi misi gabungan dalam menyediakan akses dan inklusi keuangan melalui layanannya di seluruh Asia Tenggara.

Sejak 2018 Modal Rakyat telah bekerja sama dengan PAYFAZZ untuk menyediakan produk pinjaman sektor mikro (modal mikro) bagi seluruh warung dan pedagang pulsa yang berada dalam ekosistem PAYFAZZ.

Modal Mikro merupakan penyaluran pembiayaan kepada warung-warung dan pedagang pulsa di seluruh Indonesia. Dalam pengembangan produk ini, Modal Rakyat telah bekerja sama langsung dengan PAYFAZZ sejak 2018. 

Per 30 April 2021, tercatat 32,399 aplikasi pinjaman mikro di Modal Rakyat dengan total penyaluran lebih dari Rp 29 miliar. Sebanyak 67,54% penyaluran di Jawa dan 32,46% di luar Pulau Jawa.

Modal Rakyat berharap dapat semakin mendukung pembangunan inklusi keuangan di Indonesia. Terutama dalam menjangkau pembiayaan bagi para pelaku usaha mikro di daerah hingga desa-desa yang tersebar di 34 provinsi bersama PAYFAZZ.

PAYFAZZ merupakan perusahaan teknologi finansial yang menyediakan aplikasi keuangan berbasis keagenan yang dapat mempermudah transaksi dan pembayaran secara digital. Melalui aplikasi ini, agen dapat melakukan transaksi keuangan dan pembayaran digital dengan mudah, nyaman, dimanapun dan kapanpun hanya dengan satu aplikasi. 

Hingga kini Payfazz telah memiliki lebih dari 250.000 agen aktif yang tersebar di seluruh Indonesia.

Melalui Modal Mikro, Modal Rakyat bekerja sama dengan Payfazz, menyalurkan pinjaman mulai dari Rp 500.000 hingga Rp2 juta dengan durasi pinjaman 14 hari. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER