Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bank BJB Restrukturisasi Utang Waskita Karya Hampir Rp 1 Triliun

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan anak usahanya yaitu PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI) mencapai kesepakatan restrukturisasi kredit dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten (BJB).

Penandatanganan perjanjian restrukturisasi dilakukan di Gedung Waskita Heritage. Pihak Waskita diwakili oleh Senior Vice President Finance Division, Eka Desniati dan Direktur Keuangan WKI, Darmanta. Sementara BJB diwakili oleh Dicky Syahbandinata selaku Pemimpin Divisi Korporasi dan Komersial.

Waskita dan BJB menyetujui restrukturisasi kredit modal kerja dengan nilai sebesar Rp 998 Miliar. Nilai tersebut terdiri dari relaksasi pembayaran kewajiban pokok utang pinjaman. Serta relaksasi pembayaran sebagian bunga dengan opsi penyesuaian bila kesepakatan restrukturisasi dengan seluruh kreditur (grand resturcturing) nanti dilakukan.

Pada kesempatan yang sama, WKI dan BJB sepakat merestrukturisasi pinjaman dengan total nilai mencapai Rp 156 miliar. Nilai terdiri dari kredit modal kerja senilai Rp 40 miliar dan kredit investasi sebesar Rp116 miliar.

Dengan ditandanganinya perjanjian restrukturisasi, WKI dan BJB sepakat melakukan relaksasi pembayaran pokok pinjaman dan bunga. Serta perpanjangan jatuh tempo pinjaman.

Sekretaris Perusahaan Waskita, Ratna Ningrum menjelaskan, restrukturisasi yang telah disepakati dengan kreditur merupakan bagian dari program restrukturisasi keuangan Grup Waskita “Kesepakatan dengan BJB dan BTN menjadi awal yang baik dari proses restrukturisasi Waskita Group,” jelas Ratna dalam siaran pers, Senin (3/5).

Tujuan restrukturisasi memperkuat kondisi keuangan Waskita dan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan pasca terdampak Pandemi Covid-19. Pada 2020, kinerja Waskita tertekan beban bunga yang cukup besar. Waskita harus menanggung beban bunga hingga Rp 4,7 triliun dan mencatatkan kerugian bersih.

Ratna berharap, restrukturisasi akan membuat arus kas Waskita lebih sehat dan menjadikan tingkat bunga lebih kompetitif. Rencana restrukturisasi Waskita mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian BUMN.

Menteri BUMN, Erick Thohir, telah membentuk tim khusus beranggotakan pejabat dari Kementerian BUMN, Waskita, serta Himbara dalam rangka menyukseskan program tersebut. Seiring dengan restrukturisasi keuangan, Waskita juga tengah melakukan transformasi dalam segala aspek bisnisnya. (eko, indowork.id)

Artikel ini telah tayang di Indowork.id

Waskita dan BJB Sepakati Restrukturisasi


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER