Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

MDI Ventures dan KB Financial Group Kuncuran Pendanaan Seri C ke Cermati

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pada April 2021, MDI Ventures, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, berpartisipasi di pendanaan Seri C untuk Cermati. Pendanaan untuk membangun tim, meningkatkan dan memperluas penawaran produk, mengembangkan teknologi, memperluas partnership dan distribusi produk.

Cermati, salah satu perusahaan financial technology (fintech) menawarkan berbagai produk finansial ke lebih dari 20 juta pengguna. Salah satu produk yang dikelolanya antara lain Cermati.com. Ini adalah sebuah marketplace untuk produk finansial dengan trafik terbesar di Indonesia. 

Lini bisnis yang dijalankan antara lain digital insurance melalui Cermati Protec dan bisnis fintech lending. Melalui big data dan kecerdasan buatan (AI), Cermati mengembangkan micro insurance dan micro lending products, menyasar pasar yang belum terlayani.

Dengan dukungan TelkomGroup, Cermati akan memperluas distribusi produk mereka melalui network luas TelkomGroup serta perusahaan-perusahaan dan BUMN lain. “Kami turut mendukung Cermati menawarkan micro insurance dan micro lending hingga berperan penting terhadap inklusi keuangan Indonesia,” ujar CEO MDI Ventures, Donald Wihardja, 

Bersama MDI Ventures, KB Financial Group juga ikut ambil bagian dalam investasi Cermati melalui KBMDI Centauri Fund. “Kami melihat bahwa Cermati merupakan salah satu fintech company yang memilik potensi growth yang masih sangat besar. Dengan ekosistem yang TelkomGroup dan KB Financial Group, kami bisa membantu akselerasi penetrasi keuangan kepada unbanked dan underbanked population di Indonesia melalui Cermati” ujar Managing Partner Centauri Fund, Kenneth Li.

CEO dan Co-Founder Cermati.com, Andhy Koesnandar berharap dapat memanfaatkan jaringan MDI dan meningkatkan kapabilitas produk dan aset Cermati. “Investasi dan sinergi ini akan mempercepat visi kami dalam memanfaatkan teknologi untuk membantu mencapai inklusi keuangan,” kata Andhy. 

Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya mengatakan, investasi di Cermati akan melengkapi ekosistem digital fintech yang tengah dikembangkan MDI sebagai corporate venture capitalTelkomGroup. Ke depan, diharapkan terjalin peluang kolaborasi antara anak perusahaan da entitas unit bisnis TelkomGroup dengan Cermati melahirkan produk-produk digital yang inovati. Khususnya di sektor financial services.

Sampai dengan saat ini, MDI telah berinvestasi di lebih dari 50 startup di Indonesia dan Global. Tahun 2021, MDI mempunyai fokus investasi di bidang fintech, agritech, logistik, health, new retail dan deep Tech. “Konsistensi MDI dalam berinvestasi di startup merupakan bentuk komitmen TelkomGroup dalam memperkuat bisnis digital di tanah air dan mendukung akselerasi digitalisasi Indonesia,” tutup Budi Setyawan. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER