Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kembangkan Proyek Listrik Tenaga Surya, PLN Gandeng Grup Bakrie

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) melalui anak usaha PT Bakrie Power menyepakati kerjasama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) mempercepat pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT). Kerjasama itu dalam proyek pengadaan dan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hibrid di Desa Parak, Bontomanai, Selayar, Sulawesi Selatan. 

Presiden Direktur BNBR, Anindya Bakrie menyampaikan, PT Bakrie Power memang menjadi unit usaha yang selama ini berfokus pada pengembangan sektor energi di Indonesia. Menurutnya, sumber energi ramah lingkungan semakin menjadi prioritas. Pemerintah pusat telah menargetkan bauran energi nasional sebesar 23% dari sumber EBT pada tahun 2025. “Kami di Bakrie Group menyadari pentingnya membantu pemerintah untuk dapat mengakselerasi pencapaian target bauran energi ini,” papar pria yang akrab disapa Anin ini, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (7/5). 

PLTS Hybrid di Selayar ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 1,3 megawatt (MW) peak, dan diproyeksikan akan mulai beroperasi secara resmi pada Desember 2021 mendatang. Pembangkit listrik ramah lingkungan ini akan menjadi sumber listrik tambahan bagi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan total kapasitas terpasang 13 MW di pulau Selayar yang saat ini telah beroperasi. Ini untuk dimanfaatkan oleh 27.892 pelanggan PLN di Kabupaten Selayar. PLN mengalokasikan dana investasi sebesar Rp 39 milyar untuk proyek ini. 

Direktur Utama PT Bakrie Power, Dody Taufiq Wijaya menyatakan, PLTS Hybrid Selayar ini proyek penting yang menandai dimulainya era konversi pembangkit diesel ke pembangkit renewable yang lebih bersih. “Di Indonesia ini masih ada ratusan pembangkit listrik bertenaga diesel yang kini dioperasikan PLN. Ini menjadi potensi amat besar untuk dapat dikonversi menjadi pembangkit EBT, seperti yang kami lakukan di PLTS hibrid Selayar ini,” jelas Dody. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER