Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Menkominfo: Pemulihan Gangguan Layanan Telekomunikasi Jayapura Bertahap

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate menyatakan pemulihan gangguan layanan telekomunikasi di Jayapura berlangsung bertahap. Menkominfo menjelaskan gangguan karena kabel serat optik bawah laut yang menghubungkan Indonesia Barat dan Indonesia Timur di Utara Jayapura terputus. Kabel di kedalaman lebih dari 4.000 hingga 4.050 meter di dasar laut. 

Kabel bawah laut yang menjadi tulang punggung transmisi data Indonesia Barat dan Indonesia Timur itu terputus, sehingga terjadi gangguan telekomunikasi. “Kami berusaha bersama operator seluler dan operator fiber optik bawah laut memulihkan transmisi data dari kawasan barat ke kawasan timur dengan pemanfaatan microwave link, radio link dan berbagai sarana yang lain,” jelasnya, mengutip rilis Kominfo, Jumat (14/5).

Johnny memastikan pemulihan sepenuhnya baru bisa pada Juni mendatang. “Tidak mengherankan saya tadi di Mimika terjadi kendala yang berkaitan dengan transmisi data,” jelasnya.

Juru Bicara Kominfo, Dedy Permady menjelaskan, Kominfo telah melakukan koordinasi dengan PT Telkom Indonesia sebagai penyelenggara layanan internet mengenai gangguan yang terjadi di Jayapura, Papua.

“Telkom mengonfirmasi adanya gangguan layanan sejak 30 April 2021 karena putusnya SKKL ruas Biak – Jayapura dengan titik lokasi 360 km dari Jayapura,” jelas Dedy.

Baca juga: Pasca Kabel Putus, Layanan Telekomunikasi di Jayapura Mulai Pulih

Menurutnya, pergeseran lapisan bumi dasar laut sebagai penyebab putusnya Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL). “Hal ini mengakibatkan seluruh layanan Telkom Group mengalami gangguan dengan total trafik sebesar 135 Gbps,” jelasnya.

Dedy menyatakan, Telkom Group telah melakukan perbaikan layanan tahap awal. Mulai reaktivasi layanan Voice, layanan IP VPN Telkom, dan ASTINET Telkom. 

“Perbaikan layanan internet dan data dilakukan secara bertahap dimulai pada 30 April 2021 kemarin. Yakni dengan deployment link backup. Antara lain melalui Palapa Ring Timur, satelit, dan penambahan radio,” jelasnya.

Pemulihan juga dengan fasilitas layanan jaringan tulang punggung, Palapa Ring Timur. “Saat ini, Telkom sudah memulihkan layanan telepon dasar (voice dan sms) yang difasilitasi Palapa Ring Timur satelit, dan microwave radio dengan total kapasitas 969 Mbps,” paparnya.

Bahkan, pada pekan kedua Mei 2021 akan berlangsung penambahan kapasitas untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. “Kapasitas akan ditambah menggunakan satelit dan microwave radio. Agar pada pekan kedua bulan Mei 2021 total kapasitas bertambah menjadi 2,5 Gbps,” tutur Dedy. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER