Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel Mencatatkan Lonjakan Trafik Data Hingga 39% Saat Lebaran 2021

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sama seperti tahun sebelumnya, Ramadan dan Idul Fitri 1442 H berlangsung di tengah pandemi. Hasilnya, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39,7 petabyte (PB). Tumbuh 49% dibandingkan momentum yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, pihaknya memaknai perayaan Idul Fitri sebagai momentum membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat menjalin silaturahmi dan tetap terhubung walau secara digital dan virtual. “Dengan melalui dukungan jaringan broadband yang andal dan berteknologi terdepan dari Telkomsel,” kata Nugroho, Sabtu (15/5).

Trafik layanan data pada periode Lebaran 2021 sendiri, tercatat meroket sekitar 39% dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya. Sementara layanan SMS di Ramadan dan Idul Fitri 2021 melonjak 33% dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan layanan panggilan suara, tercatat naik 4% dibandingkan hari biasa.

Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Layanan VoLTE naik sebesar 12%.

Layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel melesat sebesar 410%. Lalu layanan video conference on demand CloudX Telkomsel meningkat 68% dibandingkan hari biasa.

Masyarakat memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring. Layanan video communication dan video streaming berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53%. Masing-masing tumbuh sekitar 14% dan 22%, dibandingkan hari biasa.

Layanan mobile gaming, browsing dan social media masing-masing tumbuan 81%, 36% dan 7% selama Ramadan dan Idul Fitri 2021, dibandingkan hari biasa. Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan. Yakni Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.


Lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momentum tahun sebelumnya. Sumatra Naik 13%, Jawa Timur (12%) dan Jawa Tengah (11%) dibandingkan dengan hari biasa.

Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 point of Interest (POI). Fokus di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, dan jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainn seperti pusat pelayanan publik. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER