Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Top! GoTo, Hasil Merger Gojek – Tokopedia Nongkrong di Peringkat 12 Start Up Terbesar Sejagat, Valuasinya Bikin Melongo

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Cukup lama isu itu bergulir kencang. Akhirnya Gojek dan Tokopedia, hari ini Senin (17/5) mengumumkan pembentukan Grup GoTo.

Ini adalah grup teknologi terbesar di Indonesia yang menjadi ekosistem andalan masyarakat. Menyediakan berbagai solusi untuk menjalani keseharian (go to ecosystem for daily life).

Terkait merger Gojek Tokopedia, CB Insights, platform market intelligence global pada April 2021 lalu menghitung, valuasi Grup GoTo sebesar US$ 17 miliar. Angka ini sekitar Rp 241,4 triliun, dengan kurs Rp 14.200 per dollar Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Sah, Gojek Tokopedia Jadi Grup GoTo, Ini Kekuatan Raksasa Start Up Hasil Merger Tersebut

Berdasarkan data yang diterima FinTechnesia, Senin (17/5), valuasi tersebut menempatkan GoTo menjadi perusahaan rintisan atau start up dengan valuasi terbesar ke-12 di dunia. Go To juga menjadi start up dengan valuasi terbesar di Asia Tenggara.

Start up dengan nilai valuasi tertinggi di kolong langit adalah Bytedance asal China. Perusahaan kategori artificial intelligence ini memiliki valuasi US$ 140 miliar atau Rp 1.988 triliun. DI urutan runner up adalah Stripe. Perusahaan financial technology (fintech) asal AS itu memiliki valuasi sebesar US$ 95 miliar.

Di tempat ketiga adalah SpaceX dengan nilai US$ 74 miliar. Menyusul Didi Chuxing dengan nilai US$ 62 miliar dan Instacart, perusahaan artificial intelligence senilai US$v 39 miliar. Menarik kita tunggu, apakah pasca merger, valuasi GoTo akan melejit. (hlm)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER