Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Libur Akhir Pekan Lebaran, Trafik Naik 49% Menjadi 39,7 Petabyte

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Larangan mudik memicu maraknya Lebaran digital. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate menyatakan, selama libur akhir pekan Hari Raya Idulfitri 1442 H, terdapat kenaikan trafik telekomunikasi mencapai 49% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Lonjakan trafik layanan data sampai dengan 39,7 petabyte. “Ini tentu semakin sadarnya masyarakat. Pemanfaatan ruang digital menjadi pilihan yang utama ya kita bersilaturahmi,” ungkapnya Senin (17/5).

Menurutnya, bersilaturahmi dan berlebaran secara digital kali ini itu dilakukan dengan baik. Saya tidak mendengar keluhan keluhan berarti ya dari masyarakat terkait dengan pemanfaatan bandwidth di infrastruktur digital nasional,” tandasnya.

Meski demikian, Menkominfo mengakui adanya kendala gangguan layanan telekomunikasi data di kawasan Papua. “Di Papua, karena putusnya kabel bawah laut di utara Jayapura dalam di kedalaman lebih dari 4.000 meter. Saat ini sedang dilakukan pemulihan transmisi data dari Indonesia Barat menuju Indonesia Timur demikian sebaliknya,” tuturnya. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER