Senin, 22 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Musim Lebaran, Pelanggan 3 Indonesia yang Main Tiktok Melesat 70%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Lebaran di rumah saja bersama anggota keluarga terdekat sudah semakin jadi kebiasaan. 3 Indonesia mengakomodir para pelanggan dengan penyediaan jaringan 4,5G Pro.

Ragam aplikasi pesan seperti WhatsApp mencatat kenaikan trafik di jaringan 3 Indonesia sebesar 60% dibandingkan hari normal sebelum Ramadan.

Pun aplikasi mobile game dan streaming. 3 Indonesia mencatat kenaikan aplikasi mobile games seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends naik sekitar 90% hingga 150%. Selain itu, terdapat kenaikan yang cukup signifikan untuk aplikasi YouTube dan Netflix sebesar 30%.

Pelanggan 3 juga banyak menggunakan media sosial untuk berbagi ucapan saat Idul Fitri. Secara keseluruhan terdapat kenaikan penggunaan aplikasi media sosial sebesar 23%. Didominasi aplikasi TikTok yang naik sebesar 70%, diikuti Instagram dan Facebook.

Sementara SMS juga mengalami kenaikan sebesar 14%. Sedangkan layanan suara menurun sebesar 6,5%.

Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia mengatakan, 3 Indonesia mendukung penuh inisiatif pemerintah membatasi pergerakan mudik di masa pandemi. “Oleh karenanya, berbagai upaya turut dilakukan 3 Indonesia agar kebutuhan komunikasi para pelanggannya tetap terpenuhi. Terutama di saat, sebelum, dan sesudah perayaan Idul Fitri,” terang Desmond, Rabu (19/5)

3 Indonesia menggandakan jumlah sites-nya hampir dua kali lipat dalam dua tahun terakhir. Momentum Idul Fitri, 3 Indonesia memperluas jaringannya di 214 hot spot di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. 

Selain itu, sejumlah Cell on Wheels (COW) juga disiagakan di berbagai lokasi tertentu untuk mendukung tambahan kebutuhan koneksi internet saat Idul Fitri. Sehingga tidak ada gangguan layanan yang terjadi selama libur Hari Raya Idul Fitri.

Sepanjang Idul Fitri, 3 Indonesia mencatat kenaikan lalu lintas data tertinggi di wilayah Jawa Barat. Yakni Tasikmalaya dan Cirebon naik 30%. 

Jawa Tengah wilayah kedua dengan kenaikan data tertinggi ada di kota Purwokerto yang juga naik hampir 30%. Di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, kenaikan tertinggi terdapat di kota Padang, Pontianak dan Makassar. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER