Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Airbus Selesaikan Pengembangan Sistem Pengisian Bahan Bakar Otomatis Pesawat A330 MRTT

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pesawat Airbus A330 Multi Role Tanker Transport (MRTT) menyelesaikan fase pengembangan sistem pengisian bahan bakar otomatis (A3R). Penyelesaian setelah sukses melalui kampanye uji terbang.

Dalam rilis Jumat (21/5) kampanye tersebut hasil kesepakatan Airbus dan Singapura pada bulan Februari 2020. Keduanya bekerjasama dalam hal pengembangan, sertifikasi, dan implementasi kemampuan A3R. Serta meningkatkan solusi pemeliharaan untuk A330 MRTT.

Uji coba dilaksanakan di Singapura pada awal tahun 2021, berkolaborasi dengan Republic of Singapore Air Force (RSAF) dan Singapore Defence and Technology Agency. Percobaan ini menandai partisipasi pertama pesawat A330 MRTT milik RSAF.

Dilengkapi kemampuan A3R, sebagai pesawat tanker dengan beberapa pesawat penerima bahan bakar dari RSAF. Termasuk A330 MRTT lainnya dan pesawat tempur seperti F-16 dan F-15SG.

Selama uji coba, sebanyak 88 kontak kering dan basah yang sepenuhnya otomatis. Dan pengisian 30 ton bahan bakar berhasil dilaksanakan. Termasuk pengisian bahan bakar pertama kalinya yang sepenuhnya otomatis dengan pesawat penerima sesama A330 MRTT dan F-16D/F-16D+ milik RSAF.

Seluruh percobaan untuk Pengumpulan Data A3R dengan F-15SG telah dilakukan. Juga penerbangan operasional untuk menunjukkan kinerja A3R dalam sebuah misi simulasi. (hlm)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER