Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Mendorong Penyaluran KUR Tahun 2021, Begini Strategi Bank Mandiri

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sejalan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah mengoptimalkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR). Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha mengatakan, pihaknya berkomitmen mendorong perekonomian. Terutama pada segmen UMKM yang menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi.

Hal ini ditunjukan lewat penyaluran KUR Bank Mandiri yang hingga akhir April 2021 menembus Rp 13,1 triliun. Jumlah itu mengalir ke 135.538 debitur.

“KUR tersebut disalurkan ke sektor produksi sebanyak Rp 7,53 triliun. Atau sebesar 57,5% dari total penyaluran,” ungkap Rudi, Kamis (20/5).

Bank Mandiri juga akan fokus menyalurkan KUR ke sektor produksi sesuai arahan pemerintah. Penyaluran KUR Bank Mandiri saat ini didominasi sektor pertanian dengan realisasi Rp 3,5 triliun. Atau sekitar 27,17% dari total penyaluran KUR Bank Mandiri.

Selain itu, Bank Mandiri turut serta mendukung kebijakan pemerintah menaikkan plafon KUR tanpa jaminan dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta. Juga memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3%. Tadinya sampai Juli 2021 sekarang menjadi sampai Desember 2021.

Melihat animo masyarakat yang tinggi terhadap KUR, Bank Mandiri juga telah mengusulkan penambahan plafon KUR dari yang saat ini sebesar Rp 31 triliun. “Kami masih menunggu keputusan pemerintah terkait usulan tersebut,” kata Rudi. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER