Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Sah, Telkomsel Jadi Operator Seluler Pertama yang Melayani Jaringan 5G di Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telkomsel resmi menjadi The First 5G Operator in Indonesia. Anak usaha Telkom itu menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 24 Mei 2021.

Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang dinyatakan layak mengoperasikan jaringan teknologi 5G Indonesia. Ini sesuai SKLO Kementerian Kominfo pada 21 Mei 2021. 

Telkomsel segera menyelenggarakan jaringan 5G secara komersial untuk tahap awal pada frekuensi spektrum 2,3 GHz. Dan menjual produk atau layanan 5G kepada pelanggan.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, SKLO ini bukti, Telkomsel secara sah dan resmi memenuhi seluruh persyaratan dan regulasi. Dan menjadi operator pertama yang mengoperasikan layanan 5G secara komersial di Indonesia. 

Dengan SKLO ini Telkomsel semakin dekat dalam mewujudkan transformasi digital melalui penyediaan dan penyelenggaraan jaringan dan layanan 5G.  Hadirnya jaringan broadband wujud komitmen Telkomsel memberikan produk dan layanan digital customer-centric

Sehingga apat menghadirkan solusi dan membuka pintu peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat. “Juga mendorong kemandirian dan kedaulatan digital bangsa, seiring perkembangan ekosistem 5G yang dilakukan secara bertahap dan terukur dan berkesinambungan,” kata Anto, sapaan Setyanto, Senin (24/5),

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate mengatakan, seiring penyerahan SKLO, Telkomsel menjadi penyelenggara telekomunikasi jaringan 5G pertama di Indonesia. Layanan 5G Telkomsel ini akan diluncurkan secara serentak pada tanggal 27 Mei 2021. 

Selanjutnya akan dapat dinikmati secara terbatas dan bertahap di enam lokasi residensial di wilayah Jabodetabek. Serra enam di kota-kota lain seperti Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar, dan Bandung.

Penggelaran 5G perdana di Indonesia ini juga merupakan buah Kominfo dalam beberapa tahun terakhir. Kementerian Kominfo bersama dengan beberapa Penyelenggara Telekomunikasi telah melakukan 12 kali uji coba jaringan 5G sepanjang tahun 2017 hingga 2020 kemarin. 

“Salah satu uji coba pada saat perhelatan Asian Games pada tahun 2018 lalu. Awal tahun 2021 ini, Kementerian Kominfo juga telah melakukan lelang pita frekuensi 2,3 GHz,” terang Johnny.

Sejak menjadi pemenang lelang frekuensi 2,3 GHz, Telkomsel mengakselerasi persiapan implementasi 5G di Indonesia. Demi menjamin keamanan dan kenyamanan para pelanggan, Telkomsel berupaya mempersiapkan penyelenggaraan jaringan 5G yang sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia. (eko)  


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER