Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom Tetapkan 7 Startup Indigo Batch 1, Berprestasi dan Berdampak Sosial

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menetapkan tujuh startup yang lolos dalam tahap penjurian Indigo Creative Nation Batch 1 – 2021. Meliputi kategori Education, Big Data/Artificial Intelligence, Small Medium Business, dan Health.

Mereka mencetak prestasi dan dampak sosial yang diberikan kepada masyarakat. Ketujuh startup tersebut berkesempatan memperoleh pendanaan masing-masing mencapai Rp 2 miliar untuk program akselerasi dan sebesar Rp 750 juta untuk program inkubasi.

Sebagai perusahaan BUMN yang konsisten untuk mendorong ekonomi digital di Indonesia, Telkom telah menjalankan inisiatif program Indigo Creative Nation. Y akni program inkubasi/akselerasi startup lengkap yang mengusung prinsip kreativitas dalam berbisnis dari mulai nurturing creativity hingga tahap Follow-on-Funding (FoF).

Program inkubasi/akselerasi startup digital Indigo ini secara konsisten untuk batch intake hadir dua kali setiap tahun. d Dengan menawarkan pendanaan hingga Rp 2 miliar untuk setiap startup yang berhasil melalui proses inkubasi/akselerasi.

Selain pendanaan, startup yang berhasil mengikuti program inkubasi/akselerasi ini berpeluang mengikuti program-program mentoring, sinergi, memperoleh TelkomGroup market access. Hingga dukungan untuk mendapatkan venture capital & incubator/accelerator di tingkat global.

Program Indigo Batch 1 – 2021 kali ini menarik perhatian 558 startup, sekalipun yang lolos penyaringan di tahap on desk selection sejumlah 116. Hingga mengerucut pada 15 startup yang melakukan pitching secara virtual di hadapan dewan juri. Terdiri atas tim Indigo Management, para mentor Indigo Creative Nation, serta perwakilan dari MDI Ventures dan TelkomGroup.

“elkom melalui Indigo Creative Nation sangat selektif dalam menetapkan para startup yang akan dibina. “Ketujuhnya mewakili startup berkualitas yang dicari. Merereka bukan hanya berprestasi, melainkan juga memiliki dampak sosial, serta tentu saja berpotensi dalam berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa yang akan datang,” tutur Direktur Digital Business Telkom, Fajrin Rasyid, Senin (24/5).

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza menambahkan ajang Indigo Creative Nation merupakan inisiatif tahunan Telkom untuk meningkatkan daya saing, kemandirian, dan pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan industri digital kreatif. Selain pendanaan, startup dalam program Indigo Creative Nation akan mendapatkan aktivitas pelatihan.

“Kami harap pemenangnya akan mendorong pertumbuhan perekonomian nasional dalam bidang digital business,” tambahnya.

Adapun startup yang lolos dalam tahap penjurian startup intake Indigo Batch 1 – 2021 ini berjumlah tujuh. Mereka terdiri berbagai kategori yaitu Education, Big Data/Artificial Intelligence, Small Medium Business, dan Health. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER