Senin, 22 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

OJK Luncurkan Cetak Biru Pengembangan SDM Sektor Jasa Keuangan

BACA JUGA


FinTechnesia.com | Mendukung industri keuangan yang sehat, stabil, dan berdaya saing tinggi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan cetak biru pengembangan sumber daya manusia (SDM) sektor jasa keuangan 2021-2025. Cetak biru tersebut sebagai pendukung pengaturan dan pengawasan sektor jasa keuangan di Indonesia.

Cetak Biru ini pedoman bagi para pemangku kepentingan menentukan arah dan prioritas pengembangan SDM. Khususnya dalam mendukung kesiapan menghadapi perkembangan terkini. “Cetak biru ini disusun secara bersama-sama dengan para pemangku kepentingan, diantaranya asosiasi kelembagaan/profesi serta akademisi”, kata Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, Selasa (25/5).

Ada beberapa alasan yang menjadi dasar penyusunan cetak biru tersebut. Pertama, transformasi digital saat ini perlu didukung dengan sumber daya manusia memadai. Kedua, Kesenjangan kompetensi sumber daya manusia saat ini masih tinggi.

Ketiga, industri sektor jasa keuangan mengelola dana masyarakat sebesar Rp23.234 triliun (per Desember 2020). Keempat, aspek perlindungan konsumen yang perlu diperkuat dengan menyediakan sumber daya manusia yang kompeten. Kelima, sampai saat ini kita belum memiliki cetak biru. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER