Allianz Utama Catatkan Premi Bruto Rp 1,18 Triliun

FinTechnesia.com | Di tengah tantangan pada tahun 2020, Allianz Utama mampu mencatatkan kinerja solid. Perusahaan asuransi asal Jerman ini mencatatkan pendapatan premi bruto atau gross written premium sebesar Rp 1,18 triliun dan total aset Rp 2,45 triliun.

Dari sisi lini bisnis, asuransi properti memberikan kontribusi sebesar Rp355 miliar. Dan asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) sebesar Rp 201 miliar.

Sedangkan dari sisi jalur distribusi, financial institution (kerja sama bancassurance) Allianz Utama mencatatkan pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar Rp 23 miliar. Meningkat 37,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pandemi telah mempengaruhi banyak sektor dan menciptakan ketidakpastian massal dan pasar yang bergejolak. Namun, kami tetap memberikan yang terbaik. Dengan berfokus pada pertumbuhan dan kualitas, dan pengalaman terbaik nasabah sebagai strategi kami,” kata Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Sabtu (29/5).

Pada tahun 2020 Allianz Utama terus memperkuat kemitraan dengan bank di Indonesia. Serta melakukan sederet kerja sama dengan e-commerce, maupun perusahaan start up fintech yang memiliki online presence kuat. Seperti JD.ID, Pasarpolis, Gojek, dan Home Credit Indonesia.

Allianz Utama membayarkan klaim sebesar Rp 460 miliar sepanjang tahun 2020. Sementara rasio kecukupan modal atau risk based capital (RBC) 346%. Jauh di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator sebesar 120%. (eko)