Telkomsel Perluas Jaringan 5G ke Tiga Kota

FinTechnesia.com | Setelah resmi meluncurkan layanan 5G, Telkomsel memperluas jangkauan teknologi baru itu. Yakni melebarkan jaringan 5G di tiga kota, yaitu Balikpapan, Medan dan Surakarta.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, sebagai the first 5G operator in Indonesia, Telkomsel terus melakukan upaya bertahap dan terukur memperluas ketersediaan layanan  5G di Indonesia. Sehingga ke depan siapapun dapat merasakan the best 5G experience dengan dukungan jaringan 5G yang andal 

Jaringan 5G di tiga kota ini awal upaya berkelanjutan mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat serta digitalisasi aktivitas. Mulai pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri agar meningkatkan produktivitas lebih tinggi, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak.

“Hadirnya Telkomsel 5G ini simbol komitmen kami memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Hendry, Kamis (3/6).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate mengatakan, 5G harus menjadi pondasi kuat mengimplementasikan dan membumikan ideologi bangsa dalam hati dan kehidupan keseharian masyarakat. “Kita harus memastikan bahwa digital economydigital culturedigital society, dan digital government semua harus kita kuasai,” terang Johnny.

Perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G harus memiliki kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz. Di antaranya yaitu Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro. 

Telkomsel akan terus memperluas kerjasama dengan berbagai mitra device, termasuk dengan Apple dan Samsung. Pada tahap awal, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar smartphone tersebut dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G. (sya)