Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Akhir Kisah KB Kookmin dan Bosowa di Bukopin Berakhir Damai

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Akhirnya pemegang saham pengendali KB Kookmin Bank dan Bosowa Corporindo meneken kesepakatan bersama. Kesepakatan ini mendukung percepatan pertumbuhan Bank KB Bukopin.

Presiden Direktur Bukopin, Rivan A Purwantono menyatakan, perbaikan kualitas good corporate governance (GCG) sangat penting, terutama di tengah pandemi. Dan dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik. “Hal ini kelanjutan komunikasi yang baik dan harus selalu dijaga antara Perseroan dan dua pemegang saham tersebut,” kata Rivan, awal pekan ini.

KB Kookmin Bank dan Bosowa Corporindo akan meningkatkan nilai KB Bukopin di hadapan publik, sebagai upaya mengimplementasikan praktik GCG. terbaik di KB Bukopin.

Managing Director Global Business KB Koomin Bank, Cho Nam Hoon menjelaskan, KB Kookmin Bank sedang melakukan transfer knowledge ke KB Bukopin. Langkah ini hingga target transformasi KB Bukopin berjalan sesuai rencana yang ditetapkan.

Fokus KB saat ini adalah untuk memajukan bisnis KB Bukopin yang pada akhirnya akan dapat menaikkan nilai investasi para pemegang saham. “Dengan adanya kesepakatan yang telah dicapai bersama Bosowa, tentu memberikan dampak luar biasa bagi sinergi kami sebagai pemegang saham untuk kemajuan KB Bukopin”,
tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bosowa, Rudyantho menambahkan, Bosowa berkomitmen penuh dalam memberikan dukungan pada KB Bukopin fokus pada perbaikan dan transformasi. “Kami bersama KB Kookmin Bank memberikan dukungan penuh pada peningkatan tata kelola KB Bukopin demi normalisasi Bukopin” tegas Rudyantho.

Kedua pemegang saham tersebut menandatangani kesepakatan melalui joint statement. Isinya sebagai berikut.

  1. Bosowa dan KB menyatakan telah menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi di masa lalu. Serta sepakat mengembangkan hubungan yang berorientasi pada kerja sama di masa depan.
  2. Bosowa dan KB sepakat mengutamakan proses normalisasi Bank KB Bukopin sebagai prioritas utama. Sebagai langkah awal, kedua belah pihak setuju melakukan pencabutan segala tuntutan hukum. Serta sepakat tidak akan
    melakukan tuntutan hukum dalam bentuk apapun di kemudian hari yang dapat mengganggu proses normalisasi Bank KB Bukopin.
  3. KB berkomitmen melakukan yang terbaik demi memulihkan kepercayaan nasabah. Serta meningkatkan nilai perusahaan Bank KB Bukopin. Bosowa berkomitmen memberikan dukungan penuh terhadap tata kelola KB Bukopin dan peningkatan hubungan eksternal.
  4. KB memberikan pengakuan dan rasa hormat kepada Bosowa sebagai mitra bisnis sekaligus pemegang saham terbesar kedua Bank KB Bukopin. Bosowa memberikan pengakuan terhadap KB sebagai pemegang saham utama sekaligus pemegang saham pengendali KB Bukopin.
  5. KB dan Bosowa sepakat meningkatkan kerjasama aktif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan terkait pengembangan bank KB Bukopin. Misalnya penambahan modal, deposito, NPL dan lainnya, melalui sinergi antar kedua pihak.
  6. KB dan Bosowa sepakat untuk bersama-sama memperkuat komunikasi dan kerja sama erat dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam usaha pelaksanaan rencana normalisasi Bank KB Bukopin. (yof)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER