Telkomsel Luncurkan Layanan 5G Lagi, Kali Ini Serentak di Lima Kota

FinTechnesia.com | Melanjutkan kehadiran di Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan, Telkomsel terus mengakselerasi pengembangan ekosistem 5G. Kali ini meluncurkan layanan Telkomsel 5G di lima kota lain. Yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar ada awal pekan ini.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, komitmen Telkomsel selanjutnya memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia. Baik segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri.

“Kami secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G. Dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, untuk mendukung aktivitas keseharian,” kata Nugroho, Senin (7/6).

Nugroho menambahkan jaringan Telkomsel 5G meningkatkan kapabilitas digital nasional. Dengan memajukan sektor-sektor unggulan di kota-kota tersebut.

Salah satunya sektor pariwisata dengan diversifikasi layanan dan jasa melalui optimalisasi teknologi digital terdepan. Atau sektor pendidikan yang mendukung upaya pengembangan riset yang terukur dan tepat. 5G juga dapat mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.

Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Mulyadi mengatakan, berdasarkan perencanaan infrastruktur digital Indonesia, layanan utama infrastruktur digital adalah 4G. Kemudian dilengkapi dengan 5G.

Artinya, ke depan teknologi jaringan 5G ini akan tersebar dan melayani wilayah-wilayah yang memiliki demand dan potensi tinggi. “Perlu kerja sama yang baik antar semua pemangku kepentingan untuk pemanfaatan teknologi ini.” ujarnya.

Pada fase awal peluncuran di lima kota ini, layanan Telkomsel 5G telah tersedia di beberapa wilayah. Di Batam meliputi area GraPARI Batam Center. Sedangkan di kota Makassar, cakupan meliputi GraPARI Pettarani Makassar.

Kemudian untuk kota Surabaya,meliputi GraPARI Pemuda Surabaya. Di kota Denpasar, jaringan Telkomsel 5G sudah tersedia di GraPARI Renon Bali. Masyarakat dapat mengunjungi GraPARI untuk merasakan secara langsung teknologi 5G dari Telkomsel dengan menggunakan layanan digital terkini. Seperti cloud gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (fixed wireless access).

Sedangkan di kota Bandung, jaringan Telkomsel 5G hadir di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung. Kehadiran teknologi 5G dari Telkomsel di kedua kampus ternama ini untuk mendukung riset para peneliti dalam mengembangkan pemanfaatan teknologi 5G yang tepat guna bagi kehidupan masyarakat.

Di Telkom University dikembangkan beberapa aplikasi dan inovasi hasil riset pemanfaatan teknologi 5G beserta ekosistemnya. Contohnya Telesthethoscope. Ini sebuah stetoskop berbasis internet of things (IoT) yang memungkinkan  penyimpanan data rekam suara paru maupun jantung serta penggunaan dari jarak jauh. Sehingga penggunaannya lebih aman di masa pandemi.

PATRIOT-NET, sistem terintegrasi dalam upaya preventif dan pemulihan jaringan pasca bencana berupa peringatan dini memanfaatkan teknologi IoT. Dan pemulihan jaringan telekomunikasi menggunakan Mobile Cognitive Radio Base Station (MCRBS).

Ada Autonomous UVC Mobile Robot, sebuah robot otonom yang dapat melakukan sterilisasi ruang isolasi medis dengan sinar UVC. Doctor Representative Robot (Doper), sebuah alat komunikasi antara dokter dan pasien Covid-19 jarak jauh yang memungkinkan pemantauan suhu dengan infra-red. Serrta Arrhythmias Monitoring System (Amons), yang merupakan alat monitoring electrocardiogram (ECG) dengan tingkat akurasi dan sensitivitas yang lebih tinggi, dan lain-lain. (eko)