XL Axiata Dukung Geliat Wisata Jawa Tengah

FinTechnesia.com | Industri wisata di Jawa Tengah terus menggeliat dan mencoba bangkit. Antara lain di area Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

XL Axiata mendukung kebangkitan industri wisata melalui penyediaan jaringan telekomunikasi dan data di area tersebut. Apalagi, ada sejumlah destinasi wisata di area tersebut sangat popular dan memiliki reputasi nasional, bahkan dunia. Seperti Candi Borobudur dan Dieng.

Total, saat ini XL Axiata mengoperasikan sekitar 450 BTS 3G dan 4G. Tersebar di area Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, sektor wisata menjadi salah satu penopang ekonomi wilayah Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Bagian ekosistem wisata yang kuat adalah ketersediaan jaringan data yang juga kuat.

XL Axiata menyambut baik inisiatif berbagai pihak membangkitkan pariwisata di Jawa Tengah. “Di Jawa Tengah, jaringan 4G kami sudah menjangkau desa pelosok di kaki-kaki gunung yang kini menjadi destinasi wisata populer. Antara lain di desa Butuh yang kini terkenal sebagai Nepal van Java, Desa Selo yang berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu, juga Gardu Pandang Ketep Pass,” terang Bambang, Jumat (11/6).

Jaringan XL Axiata telah menjangkau 98% dari total 59 kecamatan Kota dan Kabupaten Magelang, Temanggung, serta Wonosobo.
Melayani total hampir 500.000 pelanggan.

Program fiberisasi jaringan juga terus dilakukan ke semua BTS yang ada guna meningkatkan kapasitas jaringan agar kualitas data menjadi maksimal. Menurut Bambang, dua tahun terakhir, secara rata-rata trafik data meningkat hingga 340% di kawasan ini. Pertumbuhan tertinggi berada di Magelang.

Dalam rentang waktu sama, terdapat kenaikan pelangan hingga 196%. Sengan kenaikan tertinggi juga berada di Magelang. (eko)