Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Memanfaatkan Teknologi 5G untuk Industri 4.0, Telkomsel Gandeng Schneider Electric

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telkomsel meneken nota kesepahaman dengan Schneider Electric . Kerjasama terkait pelaksanaan 5G trial joint collaboration.

Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel, Dharma Simorangkir mengatakan, kerjasama ini pemanfaatan layanan teknologi 5G pertama untuk dunia industri di Indonesia. “Kami akan terus membuka ruang kolaborasi sebesar-besarnya bagi para pelaku industri lain yang ingin memanfaatkan solusi berbasis teknologi 5G mengakselerasi transformasi digital perusahaan,” terang Dharma, Selasa (15/6).

Plant Director Plant Electronic Schneider Electric Manufacturing Batam, Kodrat Sutarhadiyanto mengatakan, kerjasama ini akan mendukung upaya Schneider Electric menjadi terdepan di Industri 4.0 di Indonesia. “Kami memilih Telkomsel sebagai partner terpercaya mendukung upaya tersebut menyediakan solusi berbasis teknologi 5G. Untuk mengakselerasi transformasi digital pabrik pintar kami di Batam,” ujar Kodrat. 

Telkomsel dan Schneider Electric akan menjalankan beberapa program pemanfaatan 5G di industri. Pertama, menghadirkan fitur live streaming virtual tour pabrik pintar Schneider Electric di Batam. Sehingga para mitra global dapat mengunjungi pabrik pintar dari berbagai belahan dunia. 

Kedua, menghadirkan teknologi EcoStruxure™ Augmented Operator Advisor berupa penerapan augmented reality menggunakan device (tablet), yang terhubung dengan jaringan 5G untuk membantu teknisi dalam aktivitas pemeliharaan jarak jauh. 

Ketiga, pengaplikasian sistem  EcoStruxure™ Machine Advisor menghubungkan IoT connected product (sensors & drives) dengan online dashboard monitoring machine fleet management. Sehingga proses produksi dapat dimonitor secara real-time melalui dashboard  tersedia. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER