Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ini Alasan Pergantian Direktur Utama Bukopin ke “Orang” KB Kookmin

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Bank KB Bukopin Tbk Kamis, 17 Juni 2021 menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2020. Dalam RUPST itu ada tujuh agenda.

Nah, di agenda keenam mengusulkan penetapan perubahan susunan pengurus perseroan. Berdasarkan hasil keputusan RUPST 2020 emiten berkode saham BBKP itu mengganti RIvan A. Purwantono sebagai Direktur Utama. RUPST menunjuk Chang Su Choi. Berikut komposisi manajemen periode tahun buku 2021 – 2023.

Dewan Komisaris

  1. Komisaris Utama Independen : Bo Youl Oh
  2. Wakil Komisaris Utama Independen : Sapto Amal Damandari
  3. Komisaris : Susiwijono
  4. Komisaris : Nam Hoon Cho**
  5. Komisaris : Nanang Supriyatno*
  6. Komisaris Independen : Hae Wang Lee**
  7. Komisaris Independen : Tippy Joesoef*
  8. Komisaris Independen : Stephen Liestyo*
    *) efektif sejak ditetapkan oleh Perseroan setelah diperolehnya persetujuan kemampuan dan kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan.
    **)efektif sejak ditetapkan oleh Perseroan setelah memenuhi semua persyaratan yang diatur dalam POJK No. 27/POJK.03/2016,
    No.37/POJK.03/2017 dan/atau peraturan perundang-undangan lainnya yang berlaku

Sedangkan susunan direksi adalah.

  1. Direktur Utama : Chang Su Choi**
  2. Wakil Direktur Utama : Roby Mondong*
  3. Direktur : Hari Wurianto
  4. Direktur : Helmi Fakhrudin
  5. Direktur : Dodi Widjajanto*
  6. Direktur : Ji Kyu Jang**
  7. Direktur : Shin Seng Hyup**
  8. Direktur : Yohanes Suhardi*
  9. Direktur : Iwan Dharmawan*
    *) efektif sejak ditetapkan oleh Perseroan setelah diperolehnya persetujuan kemampuan dan kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan.
    **)efektif sejak ditetapkan oleh Perseroan setelah memenuhi semua persyaratan yang diatur dalam POJK No. 27/POJK.03/2016,
    No.37/POJK.03/2017 dan/atau peraturan perundang-undangan lainnya yang berlak

Baca juga: Dari Bos Bukopin, Rivan A Purwantono Memimpin Jasa Raharja

Sejatinya nama Chang Su Choi bukanlah orang baru bagi KB Bukopin. Ia sebelumnya menjabat komisaris sebagai perwakilan KB Kookmin Bank. Choi juga n pejabat KB Kookmin Bank yang menggiring proses penambahan modal yang disuntiikan KB Kookmin Bank pada tahun 2020 melalui Penawaran Umum Terbatas (PUT) V dan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHETD) alias private placement, bersama Ji Kyu Jang yang sejak Agustus 2020 menjadi Direktur Strategi.

Begitu pula jajaran direksi lainnya, yang tetap memperkuat jajaran manajemen. Jajaran manajemen ini diperkuat dengan kehadira Robby Mondong sebagai Wakil Direktur Utama, Yohanes Suhardi dan Iwan Dharmawan sebagai Direktur.

Rivan menjelaskan, penugasan dirinya oleh pemerintah ke Jasa Raharja telah
dipersiapkan sejak beberapa bulan lalu. Maka, manajemen baru telah dipertimbangkan dengan matang, termasuk penugasan Chang Su Choi yang semula anggota Komisaris.

Pada agenda terakhir, Bukopin mengusulkan kepada para pemegang saham agar melaksanakan aksi korporasi dalam rangka memperkuat struktur modal. Sama seperti aksi korporasi sebelumnya, KB Bukopin kembali melaksanakan PUT untuk memperoleh tambahan dana guna memperkuat modal. Lalu dapat tumbuh berkelanjutan ke depan (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER