Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dua Wilayah Ini Masih Murah, Saatnya Ambil KPR

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Saat ini total dana pihak ketiga (DPK) Rp 6.665 triliun. Sedangkan penyaluran kredit hanya Rp 5.548 triliun.

Sehingga tingkat loan to deposit ratio (LDR) saat ini sebesar 84%. Perbankan sedang mengalami kelebihan likuiditas.

Marine Novita, Country ManagerRumah.com menjelaskan, pemerintah dan otoritas keuangan memberikan stimulus melalui berbagai insentif kebijakan dan relaksasi. Adanya stimulus tersebut diharapkan bisa mendorong kembali terjadinya pertumbuhan kredit. 

Di sektor properti, pemerintah melakukan relaksasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 0% atau PPN ditanggung pemerintah sampai 31 Agustus 2021. “Selain itu ada pula insentif berupa uang muka atau down payment (DP) 0% untuk kredit pemilikan rumah (KPR) melalui kebijakan Bank Indonesia,” jelas Marine, Rabu (16/6).

Konsumen bisa mulai mencari daerah hunian yang akan diincar sekaligus menyesuaikan dengan kemampuan finansial. Apalagi berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index Q2 2021 menunjukkan, terjadinya penurunan indeks harga properti disertai kenaikan suplai properti secara nasional pada kuartal II 2021 kemarin.

Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) menunjukkan beberapa area yang prospektif bagi konsumen. Dua area diantaranya adalah Kecamatan Cisauk dan Kecamatan Curug, keduanya berlokasi di Kabupaten Tangerang. 

Berdasarkan analisis Rumah.com, kedua area ini terletak bersebelahan dengan kawasan hunian terpadu yang telah mapan. Cisauk diapit Kecamatan Pagedangan dan Kecamatan Serpong. Di area tersebut terdapat kawasan kota mandiri BSD City. 

Meski demikian, dari sisi harga, Cisauk memiliki harga relatif lebih terjangkau dibandingkan harga di kedua kawasan tersebut. Sementara itu, harga properti di Pagedangan saat ini tengah melejit karena BSD City memfokuskan pengembangan wilayahnya ke kecamatan tersebut.

Harga properti di Cisauk pada kuartal I 2021 di kisaran Rp 7 juta per meter persegi. Harga itu 59% lebih rendah dibandingkan rata-rata dua wilayah yang mengapitnya, yakni Pagedangan dan Serpong. Menariknya lagi, harga properti di Cisauk saat ini sedang turun karena dampak pandemi. Sebelumnya pada 2020, harga properti di kawasan ini sempat mengalami kenaikan hingga 25% per tahun.

Beberapa faktor yang membuat Cisauk menjadi area yang prospektif adalah kawasan sekitarnya yang telah mapan. “Baik di Pagedangan maupun di Serpong, masyarakat bisa mendapatkan fasilitas umum dengan kualitas baik. Mulai dari mall, rumah sakit, pusat perbelanjaan, maupun sekolah. Fasilitas-fasilitas umum ini di kawasan kota mandiri BSD City,” jelas Marine.

Jarak dengan gerbang tol terdekat pun hanya sekitar 3km. Tol ini terhubung langsung ke bandara dan lingkar luar Jakarta.

Sementara Curug juga menjadi area yang prospektif karena bersebelahan dengan kecamatan Kelapa Dua. Di kecamatan ini juga terdapat kawasan kota mandiri yang telah mapan, Gading Serpong dan Lippo Karawaci. Harga properti di Curug saat ini masih 32% lebih rendah dibandingkan Kelapa Dua, yang letaknya berbatasan dengan Curug.

Curug juga diuntungkan oleh kelengkapan fasilitas umum yang ditawarkan Gading Serpong dan Lippo Karawaci. Dengan jarak tempuh berada pada kisaran 3km hingga 5km. Curug juga memiliki pintu tol menuju Tangerang-Merak. Tol ini juga terhubung langsung ke bandara dan lingkar luar Jakarta. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER