Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dua Tahun Ramadan dalam Masa Pandemi, Jet Commerce Tetap Kenaikan Penjualan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Meski Indonesia masih diselimuti wabah Covid-19, dalam dua periode Ramadan terakhir, perusahaan e-commerce enabler asal Indonesia Jet Commerce tetap membukukan peningkatan penjualan.

Jumlah transaksi Ramadan tahun ini meningkat hampir dua kali lipat. Atau 80% lebih tinggi dibandingkan Ramadan tahun lalu.

Dan hampir lima kali lipat lebih tinggi atau naik lebih dari 370% ketimbang transaksi Ramadan sebelum pandemi, yaitu tahun 2019.

Nilai transaksinya juga meningkat cukup signifikan, lebih dari 70% dibandingkan dengan Ramadan 2020. Dan naik lebih dari 80% dibandingkan Ramadan 2019.

Kategori produk kesehatan dan kecantikan meningkat paling signifikan. Yakni naik sebesar 110%. Diikuti kategori produk elektronik dengan peningkatan jumlah transaksi sebesar 90%. Dan kategori pet food meningkat sebesar 73 persen selama Ramadan 2021.

CEO Jet Commerce Indonesia, Webber Chen menyampaikan peningkatan ini disebabkan daya beli masyarakat cenderung membaik. Pemberian Tunjangan Hari Raya pada tahun ini yang dibayarkan secara penuh menjelang Lebaran. Tidak seperti tahun lalu yang ditunda hingga akhir tahun atau bahkan tidak diberikan sama sekali.

“Secara natural, pandemi mengakselerasi transisi belanja konsumen dari kanal tradisional ke kanal digital. Dan ke depan tren penetrasi digital ini akan terus meningkat,” sambung Webber, Kamis (17/6).

Selama kampanye belanja online Ramadan tahun ini sejak pertengahan bulan April hingga awal Mei, Jet Commerce Indonesia mencatat terdapat lebih dari 240.000 pesanan e-commerce.

Makeup dan skincare menjadi produk terpopuler yang berhasil terjual sebanyak 48% dari total keseluruhan transaksi selama Ramadan 2021.

Menyusul produk popok dengan porsi penjualan sebesar 18%. Lalu produk smartphone dengan porsi penjualan 16% dari total transaksi.

Salah satu mitra Jet Commerce yang mengalami peningkatan paling signifikan selama periode Ramadan tahun ini adalah realme.

Produsen smartphone dan gadget ini mencatatkan peningkatan jumlah transaksi hingga 2,5 kali lipat dibandingkan Ramadan tahun lalu. Dengan nilai transaksi meningkat lebih dari satu lipat. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER