Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

HSBC Rangkul Sindikasi Bank Internasional Demi Dukung Satelit Satria

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Meskipun jumlah pengakses internet Indonesia telah mencapai 202,6 juta, penyebarannya belum merata. Sementara konektivitas digital semakin menjadi kebutuhan prioritas baik di global maupun Indonesia.

HSBC merangkul sindikasi bank internasional, export credit agency dan bank pembangunan multilateral mendukung pembiayaan proyek Satelit Republik Indonesia (SATRIA). Ini adalah satelit multifungsi nasional pertama yang diselenggarakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).  

SATRIA diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informatika (Kominfo) untuk menyediakan layanan internet pita lebar (broadband). Termasuk akses WiFi gratis, di lebih dari 150.000 titik pelayanan publik. Seperti sekolah, rumah sakit, dan kantor pemerintahan di daerah terpencil. Proyek SATRIA ini untuk mengurangi kesenjangan digital dan memenuhi kebutuhan online secara cepat seiring pandemi COVID-19. 

Proyek ini termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional Pemerintah Indonesia. Dan menjadi salah satu kunci pengembangan konektivitas broadband secara nasional. Mengingat kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dengan masih banyak masyarakat yang belum terjangkau akses internet. Melalui proses tender yang sangat kompetitif, Konsorsium Pasifik Satelit Nusantara (PSN) telah ditunjuk untuk membangun, memiliki, dan mengoperasikan satelit broadbanddalam proyek SATRIA.

“Di era digital saat ini, penguatan dan perluasan konektivitas digital akan sangat meningkatkan akses  pendidikan serta pelayanan kesehatan yang berkualitas. Sekaligus menurunkan tingkat kesenjangan ekonomi dan infrastruktur, yang menjadi bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia. Dengan proyek SATRIA, kami berharap PSN dapat membantu ribuan sekolah serta fasilitas pelayanan publik, juga membuka akses internet yang setara bagi jutaan masyarakat dari Sabang hingga Merauke,” jelas Adi Rahman Adiwoso, Presiden Direktur PSN, Selasa (22/6). 

Melalui Direktorat Global Banking, HSBC memanfaatkan jaringan globalnya dalam menghadirkan solusi perbankan yang terintegrasi untuk mendukung kesuksesan proyek SATRIA. Termasuk advisory, arranging, hedging, trade finance, dan layanan account & agency

HSBC memimpin strukturisasi pembiayaan multi-tranche. Terdiri dari kredit dengan jaminan BPIfrance yang dibiayai oleh HSBC, Santander dan Korea Development Bank. Serta kredit komersial tanpa jaminan yang dibiayai oleh Asian Infrastructure Investment Bank dan Korea Development Bank. 

Tahun lalu, data dari Kominfo menunjukkan masih ada sekitar 12.500 desa di Indonesia yang belum mendapatkan akses internet yang memadai. Kementerian Pendidikan juga mencatatkan sekitar 12.000 sekolah di Indonesia belum mendapatkan akses internet.

François de Maricourt, Presiden Direktur Bank HSBC Indonesia menjelaskan, permintaan terhadap integrasi data akan terus meningkat selama pandemi dan ke depan. “Kami berkomitmen membantu membuka akses bagi sekolah, fasilitas publik serta masyarakat di daerah tertinggal untuk bisa terhubung dan tumbuh, khususnya melalui SATRIA. Kami yakini akan berperan penting dalam memperkuat konektivitas digital Indonesia, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan di Indonesia,” terang Maricourt.  

Proyek SATRIA menjadi proyek swasta pertama di Indonesia yang dibiayai oleh Asian Infrastructure Investment Bank. SATRIA juga satelit pertama di dunia yang dibiayai oleh Asian Infrastructure Investment Bank dan Korea Development Bank. 

Transaksi pembiayaan ini berhasil mendapatkan predikat sebagai social loan untuk membiayai proyek SATRIA dalam PSN Social Financing Framework yang baru. Sustainalytics memberikan opini pihak kedua (second party opinion) mengenai PSN Social Financing Framewor. Dan merupakan opini yang kredibel dan berdampak luas, serta selaras dengan empat komponen utama dalam Social Bonds Principles 2020 dan Social Loan Principles 2021. 

Satelit SATRIA diluncurkan pada 2023. Proyek ini akan melengkapi berbagai inisiatif pemerintah sebelumnya termasuk Palapa Ring yang termasuk di dalam Proyek Strategis Nasional Pemerintah Indonesia (Peraturan Indonesia no. 58 tahun 2017). 

HSBC sebelumnya telah memberikan fasilitas bank guarantee yang signifikan dalam pembangunan jaringan serat optik 4G Indonesia yang termasuk dalam proyek Palapa Ring. Sejak saat itu, internet super cepat yang dihadirkan melalui proyek Palapa Ring telah berhasil menghubungkan kepulauan Indonesia melalui jaringan kabel laut dan darat sepanjang 35.000 km. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER