Sabtu, 20 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Menerapkan Keuangan Berkelanjutan, Ini Langkah CIMB Niaga Syariah

BACA JUGA




FinTechnesia.com| CIMB Niaga Syariah mencanangkan Sharia Sustainable Development Goals (SDGs) Initiatives 2020 demi mendukung penerapan prinsip keuangan berkelanjutan (sustainable financing).

Inisiatif ini sejalan upaya pemerintah mendorong perusahaan. Termasuk sektor jasa keuangan agar menerapkan sustainability guna menjaga keberlangsungan generasi mendatang.

“Kami memiliki tanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan dan bumi. Dengan fokus pada keberlanjutan sebagai aspek penting dalam menjalankan bisnis. Melalui iami juga mengajak seluruh stakeholders untuk bersama-sama mewujudkan masa depan yang lebih baik,” terang Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara, Kamis (24/6).

Menurut Pandji, CIMB Niaga Syariah telah menyusun sejumlah strategi. Salah satunya, Program Motor X-TRA Gesits, pembiayaan syariah khusus untuk pembelian sepeda motor listrik. Program ini menggunakan fasilitas X-TRA Dana iB dengan akad murabahah atau pembiayaan dengan prinsip jual beli antara bank dengan nasabah. 

Selain itu, CIMB Niaga Syariah menginisiasi Green Mortgage Islamic Financing. Yaitu kolaborasi bisnis hijau yang memprioritaskan kerja sama dengan developer perumahan terpilih yang memenuhi standar prinsip keberlanjutan.

Untuk pembiayaan sindikasi, telah diimplementasikan Sustainable Syndication Islamic Financing. Yang menyediakan program khusus untuk proyek pembiayaan sindikasi syariah yang menyertakan kriteria keberlanjutan.

“Kami juga memiliki program Sustainability Linked Waqf. Ini berkontribusi terhadap lingkungan sekitar sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan. Kami mewujudka dengan menyediakan air bersih melalui Wakaf Sumur dari Program Wakaf Uang (Cash Waqf) dan Program Tabungan Mapan Wakaf,” tambah Pandji. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER