Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dukung Pemerataan Jaringan, XL Axiata Perluas Jaringan di Sulawesi Utara

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pemerintah melakukan pemerataan penyediaan jangkauan jaringan pita lebar. Salah satu yang menjadi perhatian XL Axiata adalah Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki potensi besar ekonomi, termasuk pariwisata.  

Group Head East Region XL Axiata, Dodik Ariyanto mengatakan, XL Axiata sangat serius meningkatkan layanan telekomunikasi dan data di wilayah Sulawesi Utara ini. Hasil perluasan jaringan, layanan XL Axiata di Sulawesi Utara sudah dijangkau 100% dengan jaringan 4G, total 97 kecamatan, dan 776 desa. 

Beberapa tahun terakhir ini, perusahaan juga terus melakukan perluasan ke area-area yang belum terjangkau layanan seluler. Khusus di wilayah ini XL Axiata telah menambah sekitar 161 BTS 4G.

Di Sulawesi Utara saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 1.000 BTS yang tersebar di empat kota dan tujuh kabupaten yang melayani total lebih dari 150.000-an pelanggan. Seluruh area di Sulawesi Utara telah terlayani jaringan BTS 4G. 

Pelanggan terbanyak di Kota Manado, lebih dari 63.000 pelanggan. Menyusul Kabupaten Minahasa sekitar 30.000-Aj pelanggan dan Minahasa Utara sekitar 22.000-an pelanggan.

Dua tahun terakhir, trafik layanan data XL Axiata terus meningkat sekitar 183 %. Trafik ini berpotensi meningkat. Mengingat masyarakat Sulawesi Utara umumnya juga semakin bergantung dengan berbagai layanan digital untuk mendukung produktivitas dan mendapatkan akses ke layanan hiburan. 

Belum lagi, anak-anak sekolah dan mahasiswa juga musti mengikuti pembelajaran jarak jauh. Untuk itu, XL Axiata gencar melaksanakan program fiberisasi jaringan data di provinsi ini. Sampai saat ini, fiberisasi sudah mencapai sekitar 22% dari BTS yang ada di wilayah tersebut.

Jika jalan tol yang saat ini dibangun dari Danowudu ke Bitung sudah selesai dan dioperasikan, aktivitas ekonomi akan semakin meningkat. Berbagai sektor ekonomi akan tumbuh karena mobilitas dari Manado sampai Bitung sebagai dua pusat ekonomi, menjadi lebih lancar. 

“Khusus di Kawasan Ekonomi Khusus Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Manado-Bitung-Likupang, XL Axiata mengoperasikan sekitar 58 BTS 3G/4G,” terang Dodik, Kamis (24/6).

Penguatan jaringan XL Axiata di Sulawesi Utara bagian dari penguatan jaringan di seluruh Sulawesi serta Kawasan Timur Indonesia. Di seluruh Sulawesi, XL Axiata memiliki total lebih dari 7 000 BTS. Lebih dari 40% di antaranya BTS 4G, yang melayani lebih dari 2.5 juta pelanggan. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER