Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Fintech Batumbu Dapat Kredit Channeling dari CIMB Niaga

BACA JUGA




FinTechnesia | Kerjasama financial technology dan bank makin erat. Terbaru Bank CIMB Niaga menggandeng PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu).

Dintech peer-to-peer (P2P) lending yang bergerak di bidang pembiayaan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Dan telah resmi memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan.

Melalui kolaborasi ini, CIMB Niaga akan menyalurkan pembiayaandengan skema berbasis channeling untuk tagihan dagang (invoice financing) UMKM menggunakan digital platform milik Batumbu.

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga, Tony Tardjo mengatakan, di tengah kondisi saat ini, kolaborasi antara perbankan dengan fintech merupakan strategi tepat terus mengembangkan bisnis. Dalam hal ini, bank dan fintech perlu mengedepankan sinergi saling menguntungkan, bukan berkompetisi. 

Dengan demikian, keduanya dapat berkembang bersama-sama dan saling melengkapi sesuai keunggulan masing-masing. CIMB Niaga menyambut baik kemitraan dengan Batumbu. 

“Bagi kami, kerja sama ini bagian strategi meningkatkan efisiensi. Skema penyaluran pembiayaan dilakukan oleh mitra (Batumbu). Tentu dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan mengacu kepada kriteria penilaian kredit yang berlaku di CIMB Niaga. Melalui kolaborasi ini, kami dapat lebih fokus mengembangkan usaha sesuai dengan keahlian utamakami,” kata Tony, Senin (28/6).

Kolaborasi pemanfaatan digital platform ini juga sejalan konsistensi CIMB Niaga mendukung digitalisasi. CIMB Niaga terus berinovasi mengembangkan layanan digital bagi nasabah.

“Pelaku UMKM juga dapat memanfaatkan platform digital milik Batumbu sebagai mitra kami untuk mengajukan pembiayaan secara mudah, aman, sehat, dan cepat. Sehingga arus kas dapat terjaga dan bisnis terus berkembang secara berkelanjutan,” kata Tony.

Penandatanganan ini akan menjadi acuan bagi Batumbuuntuk meningkatkan kinerja yang telah terus berkembang. Tercermin pada awal kuartal II 2021. Berhasil membukukan penyaluran pembiayaan Rp 3 triliun dengan tingkat keberhasilan (TKB) 100%. 

Dengan terjalinnya kerja sama antara Batumbu dan CIMB Niaga, diharapkan meningkatkan potensi Wira UMKM dalam membangun aliansi kemitraan strategis. “Sehingga dapat  menghasilkan solusi keuangan kreatif dengan pendekatan kami melalui rantai pasok hulu ke hilir secara holistik untuk pemberdayaan ekosistem yang berkelanjutan,” jelas CEO Batumbu Jenny Wiriyanto. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER