Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

MotionBanking dan Atome Financial Kerja Sama Layanan Keuangan Digital

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT MNC Kapital Indonesia (BCAP), melalui anak perusahaannya, PT MNC Bank Internasional Tbk (BABP) dan PT MNC Teknologi Nusantara menandatangani kerjasama dengan Atome Financial. Tujuannya memperluas jangkauan layanan keuangan digital untuk masyarakat Indonesia. 

Kemitraan dengan Atome Financial dan afiliasinya mencakup penyaluran pinjaman digital dengan Kredit Pintar. Produk buy now pay later melalui Atome, credit scoring berbasis AI, dan penjaminan emisi (underwriting) untuk proses pinjam meminjam yang aman dan terjaga.

MotionBanking dan Kredit Pintar menawarkan pinjaman digital. Peminjam dapat mengajukan pinjaman langsung dari aplikasi MotionBanking atau Kredit Pintar menggunakan kode QR yang di platform media MNC Group.

MotionPay menawarkan pinjaman tunai melalui Kredit Pintar dan opsi pembayaran dengan buy now pay later dari Atome. Pengguna dapat mendaftar langsung dengan aplikasi MotionPay untuk mendapatkan pinjaman tunai dan/atau opsi pembayaran buy now pay later.

Pengguna bisa mendapatkan pinjaman tunai secara cepat dan aman sesuai kebutuhan mereka. Pengguna juga dapat menggunakan opsi pembayaran buy now pay later untuk transaksi online dan offline.

Sinergi ini pertama di Indonesia. Transaksi buy now pay later melalui MotionPay dengan pendanaan dari MotionBanking yang disalurkan melalui Kredit Pintar dan Atome. Untuk semua penyaluran pinjaman, MotionBanking dan Atome akan memiliki kepemilikan bersama atas basis data peminjam. 

MotionBanking dan Atome akan mengekplorasi kartu kredit cobranded. Menawarkan persetujuan dan aktivasi secara instan.

Pengguna dapat menggunakan kartu kredit untuk transaksi online atau offline dalam ekosistem Atome. Kemitraan ini juga menargetkan masyarakat yang tidak memiliki rekening bank, yang akan memperluas pengguna MotionBanking dan Atome. 

Denny Hanubrata, Direktur Bisnis MNC Bank menyatakan, dengan dukungan dan kekuatan MNC Group, MotionBanking akan menjadi market leader dalam layanan perbankan digital yang dipersonalisasi. MotionBanking dirancang dengan open API untuk integrasi secara seamless dengan platform digital pihak ketiga. Seperti yang dioperasikan oleh Atome Financial.

“Kemitraan ini, ditambah kolaborasi lain dan pinjaman langsung di MotionBanking, menghasilkan pendapatan bunga Rp 4,8 triliun dari perbankan digital dari 30 juta pengguna MotionBanking dalam lima tahun ke depan,” terang Denny, Selasa (29/6). 

Jessica Tanoesoedibjo, Managing Director MotionPay berharap, dapat memanfaatkan ekosistem media MNC untuk melakukan penetrasi dan edukasi terhadap pasar Indonesia tentang produk keuangan inovatif yang ditawarkan. “Kerja sama ini langkah nyata memajukan aksesibilitas dan inklusi keuangan di Indonesia,” kata Jessica.

Wawan Salum, CEO Atome Financial Indonesia menyatakan, kerja sama dengan MotionBanking dan MotionPay akan membuka berbagai potensi kolaborasi bisnis. “Kami sangat senang dengan kemitraan ini, yang menandai awal kerja sama berkelanjutan kami,” ujarnya.


Atome Financial Indonesia terdiri dari dua unit bisnis utama, Atome dan Kredit Pintar. Atome bermitra dengan sejumlah ritel dan platform e-commerce. Seperti MAP Group (yang mencakup Sephora, Zara, Mango, Pull & Bear, Marks & Spencer, Food Hall, dan lainnya), JD.ID dan iStyle untuk menawarkan opsi pembayaran dengan bunga 0% di atas 3 atau 6 bulan. 

Sementara itu, Kredit Pintar merupakan salah satu aplikasi pinjaman digital yang telah memperoleh lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan lebih dari 10 juta unduhan aplikasi seluler. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER