Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

LinkAja dan SRC Perkuat Ekosistem Digital Toko Kelontong

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT SRCIS menggandeng PT Fintek Karya Nusantara atau LinkAja. Kerja sama strategis ini penggunaan aplikasi Mitra LinkAja pada seluruh jaringan toko kelontong SRC di Indonesia dengan menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS). 

Nantinya, seluruh toko kelontong dalam SRC akan terdaftar sebagai merchant LinkAja. Kolaborasi ini sekaligus mendukung inklusi keuangan di toko kelontong SRC yang telah dimulai sejak Februari 2021 lalu. 

Direktur SRCIS, Rima Tanago mengungkapkan, kerja sama ini merupakan komitmen SRC dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan. “Kami berupaya memperkuat ekosistem digital, khususnya layanan keuangan berbasis digital di toko kelontong,” ujar Rima, Rabu (30/6). 

Sinergi antara SRCIS dan LinkAja dapat turut membantu meningkatkan literasi digital di bidang layanan keuangan bagi masyarakat. Selain itu, juga dapat turut meningkatkan pendapatan pemilik toko kelontong dengan berbagai layanan pembayaran yang terdapat pada LinkAja. 

Lewat kerja sama ini, seluruh toko kelontong SRC akan dapat menerima pembayaran dengan menggunakan QRIS. Sehingga konsumen dapat memilih transaksi non tunai.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) merchant pengguna QRIS pada awal 2021 telah mencapai 6,3 juta merchant. Didominasi oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jumlah tersebut meningkat dari posisi tahun lalu yang tercatat mencapai 5,8 juta merchant pengguna QRIS. 

“Dengan QRIS sebagai fasilitas pembayaran digital di 130.000 toko kelontong masa kini SRC yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, diharapkan dapat mendukung upaya Pemerintah dalam mendorong dan mempercepat digitalisasi UMKM,” kata Rima. 

Haryati Lawidjaja, Direktur Utama LinkAja, menjelaskan, LinkAja dan SRCIS memiliki semangat dan komitmen yang sama untuk memberdayakan ekonomi masyarakat terutama sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). ”Sinergi LinkAja bersama SRCIS selaras dengan tujuan, visi dan misi LinkAja untuk mempercepat inklusi keuangan di Indonesia, terutama di segmen UMKM, mass dan aspirant market,” kara Fey, sapaan Haryati. 

Pembayaran menggunakan QR di toko kelontong dapat dilakukan dengan sangat mudah langsung dari menu pembayaran di aplikasi LinkAja. Sedangkan menu pembayaran tagihan nantinya Link antara lain pembayaran token listrik, pembelian pulsa, hingga pembayaran iuran BPJS. “Hal ini tentunya juga dapat memberikan kesempatan agar para merchant LinkAja mempunyai potensi penghasilan tambahan dari penjualan kebutuhan esensial sehari – hari tersebut,” jelas Fey. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER