Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Musim Mas, MUFG Bank, Bank Danamon, dan iApps Promosikan Inklusi Keuangan Bagi Petani

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Platform pembelajaran perbankan dan keuangan digital, AgriON, segera dapat digunakan petani swadaya kelapa sawit yang terdaftar dalam program petani sawit Musim Mas Group. Puncak dari ini adalah upaya bersama Musim Mas Group, MUFG Bank, Bank Danamon dan iApps.

Kolaborasi inimelengkapi dan memperkuat program literasi keuangan (melek finansial) Musim Mas yang telah berjalan. Dengan serangkaian lokakarya dan memperkenalkan petani kecil pada berbagai produk keuangan yang selaras tujuan finansial mereka.

Seperti rencana tabungan yang dapat disesuaikan berdasarkan tujuan mereka melalui platform AgriON. Dikembangkan oleh iApps, AgriON adalah solusi pembayaran dan pembiayaan digital terukur yang mendorong ketertelusuran/keterlacakan dan keberlanjutan di seluruh rantai suplai pertanian. AgriON bertujuan untuk menjadi bankagnostik.

Melalui lokakarya ini, petani diberikan opsi membuka rekening tabungan dan tabungan rencana di Danamon. Sehingga membuka jalan bagi inklusi keuangan yang lebih besar bagi para petani ini. Proyek percontohan Musim Mas, berlangsung dari Juni hingga Juli 2021 di Rokan Hulu, Riau.

Dalam dunia layanan digital saat ini, mudah melupakan fakta, jutaan orang masih tertinggal jauh bahkan dalam hal mengakses layanan keuangan yang paling sederhana sekalipun. “Baik MUFG maupun Danamon sangat antusias bermitra dengan Musim Mas dan iApps dalam program pemberdayaan literasi keuangan bagi masyarakat luas. Guna mendorong mereka menuju ekonomi hijau lebih inklusif,” kata Yip Shue Heng, Managing Director, Head of Digital Transformation, Asia & Oceania, MUFG Bank, Selasa (29/6).

Herry Hykmanto, Direktur Syariah yang juga memimpin divisi Sustainability Finance di Danamon, sangat mendukung inisiatif ini. Petani merupakan salah satu penggerak perekonomian nasional. “Kami merasa perlu memberikan pelatihan khusus yang dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mereka mengenai dasar-dasar pengelolaan keuangan,” kata Herry. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER