Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pertahankan Pertumbuhan, Qlue Ekspansi ke Jepang

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Qlue mengumumkan kolaborasi terbaru di pasar global. Memasuki kuartal III 2021, Qlue berkolaborasi dengan Intellectual Capital Management Group (ICMG) di kota Minamichita, Prefektur Aichi, Jepang.

Keduanya berupaya mewujudkan konsep smart city dalam aspek meningkatkan efisiensi fungsi dan layanan regional menggunakan teknologi. Founder dan CEO Qlue, Rama Raditya mengatakan, kolaborasi segera berjalan pada Juli 2021. “Minamichita menjadi kota percontohan implementasi solusi Qlue di Jepang. Serta menjadi pionir dalam transformasi digital untuk pengelolaan kota,” kata Rama, Kamis (1/7).

Qlue menargetkan dapat mengimplementasikan solusi ini di 5 (lima) kota lain, khususnya Jepang, Malaysia, dan Filipina sebagai target utama ekspansi. Hal itu sejalan dengan target perusahaan mempertahankan pertumbuhan bisnis; mencapai 70% pada 2020 dibandingkan tahun sebelumnya.

Kolaborasi ini didukung Pemerintah Prefektur Aichi. Minamichita menghadapi persoalan sosial berupa penurunan tingkat populasi penduduk dan banyaknya rumah tidak berpenghuni.

Dengan memanfaatkan teknologi dari Qlue, Minamichita mendorong penduduknya untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan kota dengan mengirimkan ide atau usulan melalui aplikasi.

Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI), Minamichita menargetkan manajemen pengelolaan infrastruktur yang lebih efisien. Implementasi teknologi Qlue ini dimanfaatkan oleh kendaraan operasiona Minamichita yang merekam kondisi infrastruktur kota.

Berdasarkan rekaman itu, tim bisa menganalisis kondisinya secara cepat. Sehingga lebih efektif mendeteksi dan memperbaiki kerusakan jalan atau gangguan infrastruktur lain.

Startup Promotion Division Pemerintah Prefektur Aichi Akihiro Mori menyambut baik kerjasama Minamichita dengan Qlue dan ICMG. Dengan kerja sama ini, diharapkan persoalan sosial di Minamichita bisa dikelola baik dan menghasilkan manfaat perubahan positif dalam aspek manajemen perkotaan untuk seluruh warga.

“Kami berharap inisiatif ini bisa menjadi model yang bisa diterapkan di seluruh Jepang di masa mendatang,” ujar Akihiro.

Wali Kota Minamichita, Kazuhiko Izhiguro juga mengungkapkan melalui kerja sama dengan Qlue dan ICMG, persoalan sosial terkait berkurangnya jumlah penduduk dan banyaknya rumah kosong bisa teratasi. Dan menghasilkan kesempatan baru bagi warga dalam menggerakan perekonomian Minamichita.

“Solusi yang dihadirkan Qlue ini akan memberikan keuntungan bagi kami dalam hal promosi kota. Dan bisa menjadi contoh transformasi pemerintahan lokal di Jepang,” ujar Kazuhiko. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER