Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom Menebar Beragam Penghargaan Talenta Digital

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menyerahkan apresiasi terhadap para inovator di berbagai segmen. Penghargaan ini atas gagasan, metode, dan pembaruan inovator

Menteri BUMN, Erick Thohir berharap, Telkom selalu menghadirkan inovasi tiada henti dan berikan karya terbaik untuk negeri. “Tangkap peluang baru dan ciptakan model bisnis baru, sehingga Telkom dapat menjadi tulang punggung transformasi digital Indonesia demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik,” ujar Erick Thohir, Rabu (7/7).

Komisaris Utama Telkom, Bambang Soemantri Permadi Brodjonegoro mengatakan, sudah 56 tahun Telkom menyatukan bangsa dan negara dengan jaringan telekomunikasi.

Terdapat tiga apresiasi bagi inovator Telkom tahun ini. Pertama, penghargaan kepada dua inovator muda yang mampu memanfaatkan teknologi dan layanan digital untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat. Diraih pengembang platform Ngamen Hub dari program SMK Digi Social Fest dan pengembang aplikasi MyBidan dari program Innovillage.

NgamenHub menghubungkan musisi serta pengamen dengan event organizer maupun pelaku usaha. Melalui berbagai fitur pada platform ini, musisi bisa dengan mudah bergabung dengan komunitas, mengamen pada tempat yang disediakan platform, membangun branding personal, serta memasarkan merchandise eksklusif terhadap penggemar. Kehadiran Ngamen Hub juga membantu pelaku bisnis menemukan musisi yang sesuai kebutuhan untuk meramaikan lokasi  usaha mereka.

Kemudian, MyBidan. Aplikasi berbasis web ini berfungsi memberikan informasi dan edukasi, serta layanan monitoring kesehatan balita serta ibu hamil. Aplikasi yang menjadi bagian Top 10 Social Project pada ajang Innovillage ini diharapkan mengantisipasi terjadinya stunting sejak dini.

Apresiasi kedua diberikan Telkom masing-masing tiga perusahaan rintisan (startup) terbaik dari program inkubasi Indigo Creative Nation dan Program Digital Amoeba. Tiga startup terbaik dari Indigo yang meraih apresiasi adalah Verihubs, SIAB Indonesia, dan BIOPS Agrotekno. 

Peraih apresiasi startup terbaik dari inkubasi Amoeba adalah Inecrow, Sprinthink, dan GameQoo.

Selain itu, Apresiasi Inovator Amoeba Terbaik 2021 kepada 7 inovator yang berkontribusi besar mengembangkan serta memperluas penggunaan teknologi digital untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan digitalisasi Indonesia.

Terakhir, Telkom memberikan Apresiasi Desa Inovatif 2021 kepada Desa Wisata Liang Ndara, Kampung Cecer, Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyatakan, pandemi dan kompetisi yang semakin intens menjadi tantangan bagi Telkom. Sehingga kita perlu menghadapinya dengan cara tidak biasa. 

Kita ingin bertransformasi menjadi digital telco. Maka, perlu melakukan inovasi baik digitisasi di internal dan digitalisasi. Kita meyakini bahwa digitalisasi memberikan peluang tidak hanya bagi Telkom tapi juga bangsa dan negara. 

Digitalisasi akan memberikan peluang bagi Indonesia untuk melakukan leapfrog atau loncatan yang kemudian di banyak hal Indonesia akan mendekati negara maju, baik edukasi, kesehatan, keuangan dan sebagainya. 

Kita harus ingat bahwa yang akan bertahan itu bukan yang besar, bukan pula yang paling kaya akan resources, melainkan siapa yang paling cepat beradaptasi menyesuaikan dengan perubahan. “Sehingga satu-satunya jalan yang bisa kita lakukan adalah berubah dengan cepat dengan bertransformasi menuju digital telco,” ujar Ririek. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER