Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

East Ventures Menggalang US$ 1 Juta untuk Menyediakan 1.000 Oxygen Concentrator

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Indonesia PASTI BISA (IDPB) memulai aksi penggalangan dana sebesar US$ 1 juta. Langkah ini untuk mendonasikan minimal 1.000 oxygen concentrator ke rumah sakit di Indonesia.

Gerakan IDPB Jaga Oksigen dimulai oleh East Ventures. Didukung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura dan berbagai diaspora Indonesia di Singapura.

Indonesia mencatat rekor kasus baru harian yang sempat menembus lebih dari 30.000. Melonjaknya jumlah kasus COVID-19 di Indonesia mengakibatkan ketersediaan oksigen di negeri ini menipis. Rumah sakit dan fasilitas kesehatan mulai kesulitan mendapatkan stok oksigen. 

Selain pasokan terbatas, penyaluran atau distribusi tabung oksigen juga mengalami kendala. Tidak semua daerah memiliki distributor oksigen medis di wilayahnya.

Proses mobilisasi dan distribusi juga membutuhkan waktu, di saat seluruh rumah sakit membutuhkan oksigen segera dalam waktu yang bersamaan. Menurut pemerintah, sistem penyediaan oksigen bisa berjalan dengan lancar dengan memastikan tidak ada hambatan mulai dari produksi sampai distribusi.

Adanya pembagian sesuai kebutuhan dan sistem pengadaan yang efektif menjadi kunci pemenuhan kebutuhan oksigen.

Setelah sukses menggalang dana untuk memproduksi test kit COVID-19 dan menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, IDPB Jaga Oksigen akan menggunakan dana terkumpul untuk menyediakan 1.000 oxygen concentrator. Mesin pemroses udara menjadi oksigen murni yang akan dibeli memiliki kemampuan mengalirkan 90+% oksigen murni sebanyak 10 liter/menit. IDPB Jaga Oksigen akan membantu rumah sakit mendapatkan pasokan oksigen yang cepat.

Publik bisa berpartisipasi dalam upaya ini dengan menyumbangkan dana dengan mengakses indonesiapastibisa.com/jaga-oksigen/. Penggalangan dana untuk publik dibuka dari 12 Juli 2021 pukul 9.00 WIB sampai 26 Juli 2021 pukul 9.00 WIB.

IDPB Jaga Oksigen dijalankan berdasarkan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan tepat sasaran. East Ventures akan memastikan setiap mitra bekerja dengan optimal sesuai prinsip dan result-oriented. Progres dan hasil dari proyek akan terus dipantau.

Bonza, perusahaan analisis big data, menggunakan platform data untuk memetakan dan memprediksi jumlah permintaan oksigen Indonesia.

Bonza menggunakan sistem end-to-end yang memungkinkan integrasi semua platform pelacakan dalam proyek ini demi menghasilkan transparansi dan keandalan yang optimal di seluruh proses. 

Xendit dan KoinWorks, perusahaan-perusahan fintech terpercaya dan berizin operasi, bergabung sebagai mitra untuk menyediakan dan mengelola platform urun dana. Dana yang terkumpul akan langsung dan hanya disalurkan untuk pembelian oxygen concentrator agar dapat mempercepat penyediaan suplai oksigen bagi pasien COVID-19. Penggunaan dana juga akan diaudit oleh pihak ketiga. 

Waresix, perusahaan logistik berbasis teknologi, bergabung sebagai mitra untuk menyediakan tempat penyimpanan (warehouseoxygen concentrator. Lalu mengirimnya ke rumah sakit yang membutuhkan. 

Advotics, startup penyedia software SaaS manajemen rantai pasok, menjadi mitra untuk melacak oxygen concentrator. Mulai  tahap pembelian hingga sampai di rumah sakit tujuan. 

IDN Media menyampaikan informasi perkembangan dan hasil kerja tim setiap pekan. Setiap donasi yang masuk akan ditampilkan secara terperinci di situs IDPB.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Kemenkes mendukung penuh gerakan Indonesia PASTI BISA dari startup, diaspora Indonesia dan masyarakat luas. Kita berkejar-kejaran dengan waktu, setiap gerakan yang terukur dan masif akan sangat membantu.

Sistem donasi dan logistik yang transparan ini mudah-mudahan berkelanjutan. “Dan bisa menjadi bagian kecil dari reformasi bidang kesehatan yang dicanangkan Kemenkes, kata Budi, Senin (12/7).

Founding Partner East Ventures, Willson Cuaca mengatakan, dimasa-masa sulit seperti ini, setiap gerakan kecil yang bisa membantu meringankan beban pemerintah dan masyarakat akan sangat berarti. Gerakan Indonesia PASTI BISA merupakan gerakan yang terintegrasi, terukur, transparansi dan akuntabel.

Sehingga dengan mengumpulkan kekuatan bersama, mudah-mudahan bisa mengakibatkan efek bola salju. 1.000 unit oxygen concentrator adalah target minimal. “Semakin banyak dana yang terkumpul segera dibelikan mesin lebih banyak dengan bargaining power yang lebih tinggi,” kata Willson. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER