Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

PPKM Darurat. Sektor Telekomunikasi dan E-Commerce Melejit

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PPKM Darurat berdampak pada peningkatan trafik data internet. Seperti periode pembatasan mobilitas sebelumnya, sektor komunikasi menjadi salah satu infrastruktur pentin mendukung aktivitas masyarakat selama pemberlakuan PPKM Darurat hingga 20 Juli 2021. Terutama di area-area residensial.

Kebutuhan data dan komunikasi oleh masyarakat akan meningkat selama pembatasan ini. Sektor esensial harus menerapkan kebijakan 50% pekerja bekerja dari rumah (WFH). Sementara sektor non esensial mencapai 100%.

Di sisi lain, kebutuha sektor pendidikan juga akan meningkat. Mengingat saat ini akan dimulai tahun ajaran baru yang masih menerapkan kegiatan belajar mengajar secara online. Untuk itu, operator telekomunikasi memperkirakan akan terjadi peningkatan kebutuhan trafik data internet sekitar 10% – 20% selama PPKM Darurat ini.

Salah satu pendorong peningkatan trafik data internet adalah aktivitas belanja online. Pembatasan mobilitas masyarakat, terbatasnya operasional offline pelaku usaha, serta kebijakan WFH mendorong kenaikan aktivitas belanja online masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan adaptasi digital oleh masyarakat dan pelaku usaha yang semakin baik, terutama semenjak pandemi, dampak penurunan belanja akibat pembatasan diharapkan tidak terlalu dalam. Saat ini semakin banyak penjual di pasar tradisional melayani penjualan secara online.

Tren belanja online masyarakat sampai pekan pertama Juli 2021 terus meningkat. “Menggunakan data internal, kami melihat nilai top-up uang elektronik yang akan digunakan untuk berbelanja online dan pembayaran secara digital oleh masyarakat terus meningkat,” tulis Office of Chief Economist Bank Mandiri, Selasa (13/7).

Dibanding awal 2019, nilai top-up terus dalam tren meningkat. Mulai Ramadan dan Lebaran di Mei 2021 hingga minggu pertama Juli 2021, nilai top-up meningkat antara 7 kali – 8 kali. Kenaikan terutama dimulai sejak akhir Juni menjelang pemberlakuan PPKM Darurat dan mulai terbatasnya mobilitas masyarakat.

Peningkatan belanja online mendorong kenaikan usaha logistik. Beberapa perusahaan logistik seperti Paxel, J&T, dan Ninja Xpress, menyatakan e-commerce mendorong peningkatan pengiriman logistik secara signifikan.

Pada Paxel, layanan pengiriman sameday delivery meningkat lebih dari 30% sejak
PPKM Darurat. J&T melaporkan kenaikan pengiriman di kota-kota besar pada saat pembatasan mobilitas. Sekitar 70% dari peningkatan tersebut dikontribusikan oleh e-commerce. Hal yang sama juga terjadi pada Ninja Xpress. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER