PPKM Darurat, Ini Tips Mengelola Keuangan Bagi Milenial

FinTechnesia.com | Seiring memburuknya kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dengan demikian, mobilitas dan aktivitas masyarakat menjadi sangat dibatasi.

Penerapan PPKM Darurat mungkin memunculkan banyak kekhawatiran publik, baik dari segi kesehatan, pekerjaan, aktivitas. Bahkan mengenai bagaimana cara mereka mengelola keuangan masing-masing di masa sulit saat ini. Generasi milenial salah satu kelompok masyarakat yang perlu mulai memprioritaskan pengelolaan keuangan mereka.

Harumi Supit, Head of Corporate Communications OVO mengungkapkan, dengan situasi saat ini, pemasukan masyarakat pasti ikut berkurang, sebagai dampak pandemi. “Di saat bersamaan, pengeluaran justru mungkin bertambah akibat kenaikan berbagai kebutuhan esensial dan produk kesehatan. Merencanakan dan mengelola keuangan mungkin menjadi hambatan bagi banyak orang saat ini, terlebih bagi para generasi milenial,” terang Harumi, Rabu (14/7).

OVO ingin mengingatkan dan mengajak para milenial bahwa saat ini adalah saat yang krusial untuk setiap orang merencanakan dan mengelola keuangan pribadi dan/atau keluarganya dengan lebih baik. Hal yang utama adalah memiliki dana darurat dan proteksi diri agar siap menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa kapan saja datang.”

“Untuk proteksi diri misalnya, para milenial bisa memperoleh produk asuransi jiwa yang terjangkau dan mudah digunakan seperti PRUTect Care – Hospital Cash yang ada di OVO | Proteksi. Sementara untuk investasi, bisa menggunakan produk investasi seperti yang ditawarkan oleh OVO | Invest,” papar Harumi.

Pada kesempatan yang berbeda, perencana keuangan, Lolita Setyawati, CFP sependapat dengan tips OVO tersebut. Ia berbagi 7 tips untuk para milenial tentang bagaimana cara mengelola keuangan selama PPKM. (sya)