Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ada Hotel Konvensional dan Syariah, Ini Perbedaannya

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Indonesia menerapkan konsep wisata halal. Ini merupakan upaya pemerintah menyediakan wisata yang ramah untuk penganut muslim.

Walhasil, hotel syariah kian menjamur di Indonesia. Hotel syariah sendiri merupakan hotel yang menerapkan prinsip ajaran agama Islam.

Meski demikian, hotel syariah dan konvensional sama-sama menyediakan penginapan dengan standar kenyamanan untuk para traveler. Berikut beberapa perbedaan hotel syariah dan konvensional di Indonesia.

  • Aturan tentang penginap yang sedikit lebih ketat pada hotel syariah

Pada hotel syariah tidak membolehkan pasangan belum menikah menginap di satu kamar yang sama. Biasanya pelanggan harus menunjukan surat nikah atau setidaknya KTP dengan alamat yang sama untuk membuktikan status kamu dan pasangan. Namun, umumnya, pegawai hotel syariah tahu, pasangan sudah menikah atau belum.

  • Makanan dan minuman halal di hotel syariah

Wajib hukumnya untuk hotel syariah hanya menyediakan makanan dan minuman halal yang memiliki bersertifikat halal dari MUI. Meskipun pada hotel konvensional juga biasanya menyediakan makanan halal. Terkadang belum tentu semuanya telah tersertifikasi oleh badan MUI. 

  • Aturan hotel konvensional lebih longgar

Pada hotel syariah, hanya boleh bertemu dengan teman lawan jenis kamu di lobi. Kamu juga tidak akan menemukan fasilitas tertentu di hotel syariah, seperti karaoke, club, dan bar. Saat menginap, hotel syariah tidak mengizinkan kamu membawa minuman beralkohol. Sedangkan umumnya, kamu bisa menemukan fasilitas tersebut di hotel konvensional.

  • Ruang dan alat ibadah yang lengkap di hotel syariah

Dibandingkan hotel konvensional, hotel syariah adalah rekomendasi bagi pengunjung yang mengedepankan kenyamanan saat menunaikan kewajiban beribadah. Umumnya hotel syariah menyediakan berbagai kebutuhan beribadah yang lebih lengkap seperti Al Quran, sejadah, dan petunjuk arah kiblat yang sangat esensial Bahkan beberapa hotel menyediakan ruang berdoa dan tempat untuk berwudhu yang lebih nyaman.

Adanya hotel syariah dan konvensional membuat para traveler mempunyai beragam pilihan untuk menginap. Para penyedia hotel pun tidak bisa melupakan bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam. Itulah mengapa banyak merek akomodasi, seperti RedDoorz, menyediakan kedua jenis hotel ini.

“Kami sangat menghargai keberagaman yang ada di Indonesia ini, termasuk berbagai kebutuhan akomodasi saat mereka ingin berlibur atau hanya sekedar staycation bersama orang terdekatnya. Untuk itulah kami menyediakan berbagai macam akomodasi mulai dari hotel hingga indekos, dari konvensional hingga syariah. Semuanya bisa ditemui pada aplikasi RedDoorz,” terang Vice President of Operations RedDoorz, Adil Mubarak, Kamis (15/7).


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER