Lewati Apple, Target Xiaomi Selanjutnya Menggeser Samsung dari Nomor Satu

FinTechnesia.com | Pengiriman smartphone global meningkat 12% pada kuartal II 2021. Samsung masih penguasa pasar dengan pangsa 19%. 

Xiaomi mengambil tempat kedua untuk pertama kali, dengan pangsa 17%. Apple berada di urutan ketiga, dengan 14%. Sementara Vivo dan Oppo mempertahankan momentum pertumbuhan tetap di lima besar.

“Xiaomi mengembangkan bisnis luar negerinya dengan cepat,” ujar Manajer Riset Canalys Ben Stanton, Jumat (16/7). Tengok saja pengiriman ke Amerika Latin meroket lebih dari 300%.

Lalu melesat 150% Afrika dan naik 50% di Eropa Barat. Xiaomi mengubah model bisnisnya dari penantang menjadi petahana. 

Merek asal China ini menjalankan konsolidasi mitra saluran distribuzione. Juga dari sisi harga. Dibanding Samsung dan Apple, harga jual rata-rata Xiaomi masing-masing sekitar 40% dan 75% lebih murah. 

Prioritas utama Xiaomi tahun ini meningkatkan penjualan perangkat kelas atas, seperti Mi 11 Ultra. Tapi itu akan menjadi pertempuran yang sulit, dengan Oppo dan Vivo yang berstraregi sama.

Semua vendor berjuang keras mengamankan pasokan komponen di tengah kelangkaan global. Sedangkan Xiaomi telah mengincar target berikutnya: menggusur Samsung untuk menjadi vendor terbesar di dunia. (mrz)