Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Transaksi Pembayaran Pajak Melalui Tokopedia Meningkat

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tokopedia menghadirkan halaman Loket Pajak. Fitur ini mencetak kenaikan transaksi hampir tiga kali lipat pada kuartal 1 2021 ketimbang periode yang sama di tahun sebelumnya.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati berharap, inovasi ini turut berkontribusi dalam pembangunan nasional, pelayanan publik dan ekonomi digital. “Sekaligus membantu pemulihan ekonomi negara yang saat ini terdampak pandemi,” ujar Ani, sapaan Sri Mulyani, Selasa (13/7).

“Lewat teknologi dan kolaborasi, Tokopedia mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi. Termasuk membayar pajak, dengan lebih mudah, cepat dan aman,” timpal Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

Tokopedia telah menyediakan fitur pembayaran pajak digital untuk lebih dari 900 jenis penerimaan negara. Yakni pajak online (termasuk PPh, PPN, dan Bea Materai), Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Bea Cukai.

Jumlah transaksi pembayaran penerimaan negara melalui sistem Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga yang terkoneksi Tokopedia secara keseluruhan meningkat hampir empat kali lipat pada Kuartal I 2021. Ini dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Secara spesifik, transaksi pembayaran Pajak Online meningkat hampir tiga kali lipat. Lalu pembayaran PNBP meningkat lebih dari 5x lipat serta Bea dan Cukai meningkat hampir 6x lipat pada kuartal 1 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Tokopedia turut memudahkan masyarakat Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan dalam membayar pajak kendaraan bermotor secara lebih mudah tanpa harus keluar rumah dengan Tokopedia E-Samsat. “Transaksifitur ini meningkat hingga 3x lipat pada kuartal 1 2021 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya,” tambah Astri.

Selain itu, masyarakat di lebih dari 160 kota/kabupaten juga bisa membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) online berkat kerja sama Tokopedia dengan pemerintah melalui Badan Pendapatan Daerah. Jumlah transaksi pembayaran PBB melalui Tokopedia meningkat hampir 4x lipat pada kuartal 1 2021. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER