Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Raih Dana Hibah dari DBS Foundation, Ini Program Komerce

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Berbagai kalangan berupaya memajukan UMKM. Seperti Komerce, wirausaha sosial yang fokus pada penyelesaian masalah pengangguran di Purbalingga, Jawa Tengah.

Komerce melatih para pemuda di desa agar memiliki keterampilan khusus yang dibutuhkan di ranah e-commerce dan menyalurkan mereka ke UMKM mitra yang membutuhkan tenaga kerja kompeten.

Hingga saat ini, Komerce telah dipercaya sebanyak 789 mitra UMKM di seluruh Indonesia. Dan melatih lebih dari 1.300 pemuda desa, dan mendistribusikan 700 alumni ke berbagai UMKM.

“Kami hadir memberikan solusi bagi UMKM maupun calon tenaga kerja dengan memanfaatkan digitalisasi. Semua proses dilakukan secara online melalui aplikasi Komerce,” ujar Nofi Bayu Darmawan, Chief Executive Officer Komerce, Jumat (23/7).

Melalui aplikasi Komerce, para pelaku UMKM cukup melakukan perekrutan dan penggajian karyawan secara online. Komerce akan membebankan biaya admin kepada para pelaku UMKM ketika menggaji karyawan.

Adapun tenaga kerja yang disediakan Komerce akan bergerak di ranah data input, social media, customer service dan beberapa ranah lain. Dengan bantuan biaya admin tersebut, Komerce dapat mengembangkan bisnisnya dan menciptakan dampak positif.

Hadirnya aplikasi Komerce juga dapat menekan biaya operasional UMKM. Pelaku usaha tidak perlu memiliki kantor fisik untuk menjalankan bisnisnya sehari-harinya. Karyawan dapat bekerja remote dan pelaku usaha dapat mengevaluasi karyawan secara online.

Dalam upaya untuk mengembangkan jangkauan ke lebih banyak wilayah di Indonesia, Komerce mengikuti ajang DBS Foundation Social Enterprise (SE) Grant 2020. Program dana hibah DBS Foundation ini sebagai upaya Bank DBS Indonesia untuk membantu para wirausaha sosial dapat megembangkan usaha sekaligus menerima bimbingan dalam membangun ketahanan bisnis mereka. Setelah melalui seleksi dan bertanding dengan lebih dari 800 wirausaha sosial lainnya dari seluruh Asia, Komerce berhasil terpilih sebagai penerima dana hibah yang mewakili Indonesia di tahun 2020.

Dengan dana hibah itu, Komerce melakukan ekspansi dengan dua cara. Yaitu dengan membuka pusat pelatihan pemuda di desa-desa lain termasuk di Berbah. Dan menginisiasi Kampus Komerce, pusat edukasi online bagi para pemuda di Indonesia untuk mempelajari kurikulum pekerjaan di e-commerce.

“Bank DBS Indonesia berkomitmen menjalankan bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Dengan menciptakan dampak sosial yang positif bagi masyarakat. Kami berharap akan ada lebih banyak lagi wirausaha sosial yang hadir, tumbuh dan berkembang,” ujar Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing & Communications Bank DBS Indonesia. (nau)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER