Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tanpa Video Call Sudah Bisa Buka Akun MotionBanking

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Persaingan digital banking semakin ketat. MotionBanking merilis fitur terbarunya, full biometric onboarding dengan artificial intelligence (AI).

Fitur ini memungkinkan pengguna baru membuka akun di aplikasi perbankan digital MNC Bank ini hanya dengan selfie dan beberapa klarifkasi data.

Mengutip siaran pers Jumat (23/7), fitur ini menghilangkan kebutuhan verifikasi panggilan video seperti yang dilakukan sebelumnya melalui agen know your customer (KYC). Kemampuan semakin mengotomatisasi onboarding pengguna ini memungkinkan MotionBanking menargetkan akuisisi pengguna baru yang eksponensial.

Dengan KYC biometrik, sistem dapat menangani pembukaan rekening dengan jumlah tdak terbatas. MNC Bank fokus menjangkau populasi unbanked dan underbanked ke dalam ekosistem keuangan. 

MNC Media, dengan basis pengguna besar dan empat stasiun televisi free to air, memainkan peran pentng mengedukasi pemirsa tentang pentingnya dan manfaat inklusi keuangan. Dengan semangat itu, MotionBanking mempercepat adopsi teknologi baru.


MNC Bank sebelumnya mengumumkan kerja sama dengan VeriJelas untuk full biometric onboarding pada 16 Juni 2021. MNC Bank menerapkan fitur ini dalam jangka waktu sangat singkat. 


Berikut ini keungggulan MotionBanking.
– Pendaftaran pengguna baru tanpa batas secara bersamaan 
Sebelumnya, proses verifikasi data pengguna bergantung video call,memakan waktu 5 menit per akun. MotionBanking hanya dapat menjangkau ratusan akun per hari pada jam kerja karena terbatasnya jumlah agen KYC. 
Sekarang, dengan full biometric onboarding, sistem MotionBanking mampu meraup pengguna baru tanpa hambatan dengan jumlah tanpa batas setiap hari.


– Nyaman dan mudah digunakan dengan biometrik dan OCR (Optical Character Recognition). Mampu mengenali karakter mulai dari angka, huruf, dan tanda baca dari dokumen yang diterjemahkan menjadi versi digital yang dapat dibaca komputer. Proses penyalinan dokumen tanpa mengetik, ditambah teknologi biometrik terintegrasi dalam aplikasi MotionBanking. Meminimalkan pengisian data diri secara manual, meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pengguna, menghasilkan proses yang lebih cepat.


– Platform yang aman dan terjamin 
Dengan full biometric onboarding, sistem telah membangun kecerdasan dan metodologi untuk mendeteksi aktivitas penipuan. Trmasuk potensi penyalahgunaan data dan KTP palsu. 

– Persetujuan instan, tanpa menunggu panggilan agen KYC 
Melalui platform e-KYC yang terkoneksi langsung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), pembukaan akun MotionBanking dapat dilakukan tanpa tatap muka. Prosesnya jauh lebih cepat. Tidak perlu menunggu antrean jadwal video call dengan agen KYC. 

– Persetujuan otomatis kapan saja, di mana saja 
Dengan kenyamanan full biometric onboarding yang tersedia 24/7 bagi pengguna, dengan asumsi semua data valid, aplikasi MotionBanking otomatis menyetujui pembukaan akun baru. Dengan demikian pengguna dapat membuka akun MotionBanking kapan saja, di mana saja, tanpa harus memperhatikan penampilan mereka atau mengganggu aktivitas lain yang sedang dilakukan. Ini sering menjadi penghalang untuk melakukan video call. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER