Axioo Wujudkan Engineering Center Dukung Pengembangan Industri Lokal

FinTechnesia.com | Tuan rumah di negeri sendiri adalah mutlak. Maka, berbagai perusahaan mengembangkan produk dengan tetap mengedepankan kandungan dalam negeri. 

Seperti PT Tera Data Indonusa. Pemegang merek Axioo ini memperkuat industri dengan produk laptop. 

Axioo juga mewujudkan engineering center untuk laptop di Indonesia. Langkah inii diharapkan memicu terbentuknya ekosistem laptop. 

Mulai intektual properti hingga komponen utama dan komponen pendukung produk laptop di dalam negeri. Ini membuka peluang besar bagi pengembangan industri di dalam negeri baik industri besar maupun kecil.

Axioo juga berkontribusi aktif berinvestasi dalam intelektual properti lokal Indonesia. Dengan ini, Axioo mendukung transfer ilmu bidang teknologi ilmu komputer. 

Baik industrial design (ID), mechanical engineering (ME), electrical engineering (EE), prototyping dan pengembangan sumber daya manusia serta mendorong lokalisasi produksi komponen.

Kini  Axioo mampu mewujudkan pencapaian kandungan lokal (TKDN) sebesar 43%. Pencapaian ini memenuhi Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021, Pasal 66 yang menyatakan Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah wajib menggunakan produk dalam negeri apabila terdapat produk dalam negeri dengan penjumlahan nilai TKDN minimal 40%.  

“Kami akan terus mengupayakan seluruh produk Axioo memiliki TKDN di atas 40% sebagai upaya kami mendukung program pemerintah membangkitkan industri dalam negeri,” ujar Michael Sugiarto, Direktur Utama PT Tera Data Indonusa, Jumat (23/7).  

Pencapaian lain Axioo, meraih lisensi Chromebook untuk merilis laptop berbasis sistem operasi bikinan Google dengan kualitas yang setara merek-merek laptop global. Axioo melanjutkan kerjasama dengan Intel untuk memasok chip komputasi pada Chromebook. (jos)