Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Jangkau 5.102 Desa di Provinsi Aceh

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Seiring meningkatnya trafik data, XL Axiata memperkuat jaringan di Aceh. Di Provinsi ujung barat Sumatera itu, jaringan XL Axiata menjangkau 193 kecamatan.

Jumlah itu 68% dari keseluruh kecamatan yang ada di 23 kota/kabupaten. Serta menjangkau 5.102 desa atau 73% dari desa di Aceh.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, di Aceh trafik penggunaan layanan data terus tumbuh sekitar 138% dalam dua tahun terakhir. XL Axiata berusaha memperluas jaringan di semua area, termasuk di pedalaman.

Seperti Aceh Tengah, Naga Raya, Aceh Selatan, Aceh Barat, Aceh Tenggara, dan Bener Meriah. “Keberadaan layanan data dan telekomunikasi di sana sangat urgent untuk mendukung perekonomian masyarakat setempat. Dalam setahun terakhir ada penambahan BTS kurang lebih 73 BTS 4G di seluruh provinsi,” kata Desy, Senin (26/7).

Dua tahun terakhir, peningkatan trafik tertinggi terjadi di wilayah Bireuen, Aceh Besar, dan Kota Banda Aceh. Di ketiga area itu, trafik meningkat antara 105 % hingga 154%. Khusus area Kabupaten Pidie telah dilakukan penambahan 38 BTS 4G.

Menurutnya, pertumbuhan trafik data tidak terlepas dari meningkatnya aktivitas digital masyarakat yang semakin menjadi bagian dari keseharian mereka. Selain itu, jumlah pelanggan di seluruh wilayah Aceh juga terus bertambah, di mana saat ini tercatat lebih dari 325 ribu pelanggan.

Untuk menopang layanan di seluruh wilayah Provinsi Aceh, XL Axiata total mengoperasikan lebih dari 1.850 BTS. Termasuk sekitar 825 BTS 4G dan 635 BTS 3G.

Jumlah tersebut juga sudah termasuk BTS yang melayani pelanggan di pulau-pulau terpencil. Seperti Simeulue, Sabang, Breuh, dan Nasi, yang semuanya berada di perairan Samudera Hindia. (nau)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER