Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

MDI Ventures Kucurkan Pendanaan ke Fintech Pembayaran

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melakukan berbagai inisiatif strategis. Termasuk investasi dalam mengembangkan dan menumbuhkan perusahaan rintisan (startup company). Seperti yang dilakukan anak usaha Telkom, MDI Ventures yang berinvestasi di beragam startup potensial.

Salah satu startup potensial yang mendapat pendanaan MDI Ventures adalah Nium. Belum lama mengumumkan kumpulan pendanaan US$ 200 juta pada putaran Seri D, yang dipimpin oleh investor teknologi yang berbasis di AS, Riverwood Capital.

Dengan tambahan Seri D ini, total dana yang dikumpulkan Nium hampir US$ 300 juta dan mencatat valuasi di atas US$1 miliar. Hal ini menjadikan Nium sebagai unicorn pembayaran B2B pertama dari Asia Tenggara.

Sebelumnya Nium yang semula bernama InstaReM merupakan platform layanan keuangan global berbasis di Singapura. Memperoleh pendanaan dari MDI Ventures di putaran Seri C pada Oktober 2018.

Pendanaan tersebut bertujuan mendukung Nium untuk menjadi mitra lokal dalam ekspansi di Indonesia. Dengan menyediakan platform dan mengamankan lisensi pembayaran Indonesia hingga mengoperasikan layanan remitansi B2B.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, Nium telah mendapat pendanaan melalui MDI Ventures sejak 2018. Keberhasilan Nium ini salah satu bukti strategi TelkomGroup untuk mendukung digital ecosystem melalui startup-startup potensial, baik lokal maupun global mulai menunjukkan hasil positif.

Hal ini juga semakin meyakinkan ke depan pendapatan dari bisnis digital akan kian meningkat. Seiring adanya synergy value dengan startup dari MDI.

“Menjadi kebanggaan bagi TelkomGroup jika banyak unicorn lain yang terus lahir dari portofolio kami. Khususnya startup lokal yang eksis di dalam maupun luar negeri,” kata Ririek, Jumat (30/7).

Melalui TelkomGroup dan MDI Ventures, perusahaan-perusahaan Indonesia dapat memanfaatkan platform Nium untuk melakukan transaksi keuangan dari mana saja di dunia melalui satu platform. Selain itu dukungan infrastruktur telekomunikasi dengan jangkauan luas TelkomGroup juga sangat membantu penyediaan kelancaran layanan digital dan fintech di Indonesia.

Donald Wihardja, CEO MDI Ventures mengungkapkan, dari prestasi yang Nium capai, TelkomGroup melalui MDI Ventures berhasil membuktikan kemampuan berinvestasi, mengawal dan mendukung startup hingga menjadi unicorn. Hal ini juga sangat didukung oleh sentimen pasar yang mengakselerasi digitalisasi dan sentimen investasi yang tetap optimis mendukung startup teknologi.

“Kami harap ini menjadi awal yang baik bagi MDI Ventures sebagai Corporate Venture Capital. Yang tidak hanya berkontribusi dalam hal synergy revenue TelkomGroup, juga “breeding new unicorn,” ujar Donald.

Co Funder dan CEO Nium, Prajit Nanu mengatakan, platform Nium menyederhanakan proses pembayaran B2B. Dengan menyediakan layanan keuangan untuk diimplementasikan dengan mudah demi mendukung pemain pasar lokal menjadi raksasa global di masa depan. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER