Metrodata Membukukan Pertumbuhan Laba Bersih di Atas 50%

FinTechnesia.com | PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) membukukan laba bersih sebesar Rp 242,8 miliar pada semester I 2021. Meningkat 55,6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pencapaian ini hasil pertumbuhan masing-masing unit bisnis emiten teknologi informasi
dan komunikasi (TIK). Yaitu unit bisnis diistribusi serta unit bisnis solusi & konsultasi.

Susanto Djaja, Presiden Direktur MTDL mengatakan, tidak hanya pada laba bersih, MTDL juga membukukan pendapatan pada emester I-2021 sebesar Rp7,7 triliun. Atau meningkat 23,5%.

Faktor pertumbuhan disebabkan meningkatnya permintaan berbagai produk dan solusi TIK dalam rangka mendukung digitalisasi. “Oleh karena itu, MTDL terus menambah produk, mitra global, dan solusi TIK baru yang berkualitas,” kata Susanto, Rabu (27/7).

Pada Semester I-2021, pendapatan unit bisnis distribusi tumbuh 24,7% dan laba bersih 84,2%. Meskipun supply notebook masih belum sepenuhnya pulih karena adanya kelangkaan bahan baku chip secara global, MTDL berhasil mengimbanginya dengan diversifikasi produk, seperti Chromebook dan smartphone.

“Pada semester I-2021 penjualan smartphone kami Rp 828 miliar atau bertumbuh 98%. Kami
memasarkan smartphone dengan harga ekonomis. Masa pandemi mengakibatkan banyak orang menghabiskan waktu di rumah yang berpeluang mengisi hiburan dengan bermain game. Ha l ini juga meningkatkan permintaan produk gaming mencapai lebihdari 66%,” ujar Randy Kartadinata, Direktur MTDL.

Bisnis Solusi dan Konsultasi meraih pertumbuhan pendapatan sebesar 16,9% dan laba bersih
37,2%. Hal ini didorong tren digitalisasi yang terus meningkat dan menjadi kebutuhan berbagai sektor perusahaan.

Kontribusi dari sektor finansial yang menyumbang 33% ke pendapatan unit bisnis Solusi dan Konsultasi. Ke depan, unit bisnis Solusi dan Konsultasi akan terus mengembangkan kompetensinya dalam mendukung transformasi perbankan di Indonesia menjadi bank digital. (nou)