Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Selama Pandemi, Layanan Pesan Antar GrabFood Meningkat 72%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | GrabFood menyelenggarakan GrabNEXT. Ini adalah konferensi inovasi bisnis F&B tahunan kedua bagi merchant GrabFood

Dalam acara ini, Grab meluncurkan laporan tren kuliner. Ada beberapa temuan kunci dari laporan tren kuuliner Grab

  • 54% konsumen kini mencari makanan dan resto baru melalui aplikasi pengantaran makanan.
  • Bisnis kuliner yang bergabung dengan aplikasi pengantaran makanan pada tahun 2020 mengalami 50% peningkatan total penjualan. Bahkan dengan aturan pembatasan makan di tempat.
  • Peningkatan sebesar 32% di kategori makanan sehat. Konsumen semakin sadar akan pentingnya makanan bernutrisi.
  • Demografis konsumen menunjukkan keluarga dengan anak merupakan konsumen utama layanan pesan-antar makanan online.
  • 72% konsumen GrabFood kini memesan untuk keluarga dengan ukuran keranjang (basket size) yang lebih besar.

GrabNEXT merupakan kesempatan bagi mitra merchant mengembangkan wawasan dan bisnis melalui berbagai data, fitur serta inovasi terbaru dari Grab. “Memasuki tahun kedua GrabNEXT menjadi semakin penting bagi keluarga besar merchants Grab Indonesia. Begitu banyak perubahan yang terjadi selama pandemi,” ujar Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia, Kamis (5/8).

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki juga menekankan kontribusi GrabFood dalam perkembangan UMKM kuliner di Indonesia. Indonesia memiliki target mempercepat transformasi digital dengan terus memfasilitasi transisi digital dari 30 juta UMKM di tahun 2024.

“Kami mengundang pihak-pihak swasta di sektor digital mempersiapkan UMKM dengan keterampilan digital yang mumpuni. Lewat gelaran GrabNEXT ini, kami melihat Grab menjadikan mitra merchant sebagai prioritas,” kata Teten.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno menegaskan, konomi digital harus menjadi infrastruktur yang esensial dalam mendukung pelaku UMKM di Indonesia. Agar mampu bertahan terutama di tengah masa-sama penuh tantangan seperti saat ini.

“Saya berharap kehadiran GrabNEXT mampu mengakselerasi perkembangan pelaku UMKM dalam mengimplementasikan ide-ide kreatifnya. Sehingga menjangkau segmen pasar mereka yang lebih luas lagi,” jelas Sandiaga.

Tahun ini, Grab juga memperkenalkan berbagai inovasi teknologi dan tren bisnis terbaru. Juga, meluncurkan program pelatihan keterampilan bisnis, serta memberikan voucher digital kepada mitra merchant.

Memperluas perannya tidak hanya sebagai platform pesan-antar makanan, GrabFood mengumumkan dua fitur baru di aplikasi GrabMerchant.

Pertama, Tool insight yang akan menunjukkan data penjualan mitra merchant, performa operasional, serta segmentasi konsumen.

Kedua, solusi pemasaran terbaru bernama Paket Campaign. Ini memudahkan mitra merchant untuk mencapai target pemasaran dengan menggunakan gabungan fungsi pemasaran dan kampanye GrabFood. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER