Selasa, 16 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bank Permata Kucurkan Pembiayaan ke Station BBM dan Suku Cadang Motor

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menggandeng PT Indomobil Prima Energi (Mobil Indostation Mikrosite) di bawah naungan Indomobil Grup sebagai salah satu grup bisnis otomotif di Indonesia, PermataBank memberikan pembiayaan modal usaha terhadap pembukaan gerai franchise Indostation. 

Ini mencakup bahan bakar minyak (BBM) dan suku cadang motor dengan solusi transaksi terintegrasi. Kerja sama sebesar Rp 100 miliar ini salah satu upaya PermataBank memberikan kemudahan dan solusi terintegrasi bagi masyarakat dan pelaku usaha mendapatkan pembiayaan franchise

Langkah tersebut kolaborasi tahap awal dari kedua pihak. Menjadi pembuka jalan bagi kelanjutan program berikutnya.

Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank mengatakan, kerja sama juga upaya pemerintah dalam pemerataan energi nasional. “Melalui kemudahan pembiayaan PermataBank, diharapkan meningkatkan minat pelaku usaha berkontribusi dalam pemerataan distribusi BBM ke daerah yang belum terjangkau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Konvensional,” kata Djumariah, Jumat (6/8)

Dalam mewujudkan Program Pemerataan Energi Nasional, Pemerintah terus memperluas akses penyediaan energi seluruh Indonesia. Salah satunya menyediakan lembaga penyalur BBM atau SPBU. 

Berdasarkan data Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) hingga Juni 2020, baru terbangun 7.251 lembaga penyalur dan 192 terminal BBM di Indonesia. Jumlah tersebut masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kerja sama melalui program PermataSME ini menstimulasi UMKM kategori SPBU berskala kecil. Dan tidak hanya terkonsentrasi di kota besar saja,” lanjut Djumariah.

Willianto Husada, Direktur Mobil Indostation Mikrosite berharap, kerjasama ini meningkatkan antusiasme masyarakat memiliki investasi station SPBU mini dengan harga terjangkau, kualitas yang lebih terukur, dan terpercaya.

“Lebih luas lagi, station SPBU mini meningkatkan pemberdayaan masyarakat lokal melalui penggunaan teknologi pada aktivitas sehari-hari. Dan memberikan nilai tambah tersendiri bagi Mobil Indostation Mikrosite,” ujar Willianto. 

SPBU Indostation memiliki satu tangki penyimpanan berkapasitas 3.500 liter BBM. Dalam satu hari, setiap SPBU Mobil Indostation bisa menjual lebih dari 100 liter BBM. Jenis BBM yang dijual adalah Ron 92 dengan merek Mobil 92R.

Pelaku usaha yang mendapatkan pembiayaan berhak mendapatkan beberapa keuntungan. Antara lain tenor hingga 4 tahun, grace period maksimal 6 bulan, limit sampai Rp 250 juta. Dan pembayaran kewajiban kepada bank dari pembagian hasil dan kapasitas nasabah. 

“Sedangkan khusus pengajuan pembiayaan dalam bulan ini kami memberikan keringanan berupa freebiaya provisi dan biaya admin,” kata Divison Head SME Banking PermataBank, Suwardi Candra. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER