Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kredivo Ayunkan Langkah Ekspansi ke Batam

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Di tengah perkembangan pesat e-commerce, Kredivo melihat potensi generasi muda sebagai bonus demografi untuk menggerakkan ekonomi negara. Menyambangi Kota Batam, Kepulauan Riau, Kredivo berupaya memaksimalkan potensi ekonomi digital lokal.

Kredivo mengayunkan gerakan Generasi Djempolan. Ini adalah literasi keuangan digital yang fokus mengedukasi generasi muda menjadi melek keuangan.

General Manage Kredivo, Lily Suriani menjelaskan, sejak pandemi perkembangan e-commerce dan ekonomi digital yang semakin pesat. “Melalui gerakan Generasi Djempolan, kami ingin lebih banyak lagi generasi muda lokal memanfaatkan akses teknologi keuangan secara bijak. Sehingga mereka mampu menangkap potensi bisnis online yang ada di Kota Batam,” kata Lily, Selasa (10/8).

Hal ini seiring pengguna Kredivo di Batam yang meningkat hingga 90% di 2020, dibandingkan dengan 2019. Selain itu, usia pengguna mayoritas juga didominasi oleh kelompok umur milenial produktif. Yaitu kelompok umur 25-29 tahun, sebanyak 31%, dan kelompok umur 20-24 tahun sebanyak 24%. 

Dukungan kehadiran financial technology (fintech) bagi para merchant, online reseller, dan pelaku e-commerce lain akan semakin melengkapi ekosistem yang ada di Kota Batam, seiring penetrasi fintech lending di Sumatera yang telah mencapai 66,4%. Tertinggi setelah Pulau Jawa.

Terlebih, pembayaran melalui fintech seperti kredit digital pada e-commerce membantu para merchant untuk menaikkan nilai rata-rata pembelian atau average order value (AOV) serta frekuensi transaksi. 

Ketua Forum Komunikasi Daerah Batam, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) , Achmad Madani Derry mengatakan, APPI selaku asosiasi juga mendukung peran aktif para anggota, termasuk Kredivo, untuk memaksimalkan perannya dalam menyediakan akses pembiayaan yang mudah, aman, dan terjangkau. “Kami juga mendorong penyaluran pembiayaan sektor produktif. Sehingga diharapkan dapat menstimulasi lahirnya lebih banyak pengusaha bisnis online dari generasi muda di Kota Batam,” kata Achmad, Selasa (10/8). (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER